Kamis, 23 Mei 2024

Blanko KTP Elektronik Sudah Tersedia, Surabaya Kebagian Pertengahan April

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Petugas mencetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Dispendukcapil Surabaya. Foto: dok suarasurabaya.net

Blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) saat ini sudah tersedia di gudang Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Sesuai Surat Edaran dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nomor 471.13/3831/Dukcapil.Ses tertanggal 3 April 2017 lalu, pengadaan blangko ini secara bertahap.

Pendistribusiannya pun dilakukan secara bertahap ke seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia, termasuk di Surabaya. Ada beberapa mekanisme pendistribusian blangko.

Khusus untuk Kabupaten/Kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, pendistribusian blangko dengan cara di-drop di Pemerintah Provinsi masing-masing.

Surat edaran itu juga menyebutkan, ada tiga pemerintah provinsi yang diminta mengambil blangko ke Kantor Ditjen Dukcapil Kemendagri, yakni Jawa Barat, Banten, dan Lampung.

Sedangkan sisanya, kabupaten/kota di provinsi lain, diharuskan mengambil blangko itu sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Ditjen Kemendagri sejak 6 April lalu hingga 19 April mendatang.

Suharto Wardoyo Kepala Dispendukcapil Surabaya belum bisa memastikan, kapan masyarakat Surabaya yang sudah rekam KTP-el bisa mencetak kartu.

Dia memperkirakan, blangko KTP-el untuk Surabaya baru akan tersedia setelah 17 April 2017 mendatang. “Belum, InsyaAllah setelah 17 April besok,” katanya singkat.

Untuk sementara, dia juga belum menjelaskan bagaimana mekanisme pendistribusian blangko tersebut oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Tinggal sebentar lagi, saya harap masyarakat Surabaya bersabar,” ujarnya.(den/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
33o
Kurs