Jumat, 17 Mei 2024

Buang-buang Waktu Berharap Bocoran Jawaban UNBK 2017

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
UNBK 2017 hari pertama di SMAN 10 Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Setiap tahun saat pelaksanaan ujian nasional selalu saja beredar kabar burung adanya bocoran jawaban Ujian Nasional. Para siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 sebaiknya tidak perlu menanggapi hal itu. Karena hanya buang-buang waktu saja. Sebaiknya, belajar lebih giat dan tetap optimis.

“Percuma berharap bocoran jawaban soal Ujian Nasional. Setiap tahun selalu ada kabar burung seperti itu, tapi mana buktinya? Tidak ada. Kepada para pelajar peserta UNBK 2017 ini sebaiknya belajar lebih giat saja. Percuma ngurusi bocoran jawaban ujian. Optimis, belajar dan tetap berdoa,” kata Mohammad Sohibul Anwar Waka Kurikulum SMAN 10 Surabaya.

Sohibul mengingatkan bahwa UNBK sangat kecil kemungkinannya terjadi kecurangan. “Kalau siswa kemudian menunggu bocoran jawaban, kayaknya malah akan menghabiskan waktu percuma. Karena itu, sebaiknya tetap fokus belajar,” pesan Sohibul.

Sementara itu ditegaskan Johanes Mardiyanto Kepala SMAN 1 Surabaya, bocoran jawaban UNBK memang selalu muncul saat pelaksanaan ujian digelar. “Tapi apakah sudah ada buktinya yang berhasil mendapat bocoran itu? Jadi untuk apa ditunggu,” kata Johanes.

Sebaiknya, lanjut Johanes, para siswa memilih giat belajar dan menambah pengetahuan dengan latihan-latihan ujian, agar tidak pesimis mengerjakan soal-soal UNBK sampai Kamis (13/4/2017) nanti.

“Justru tidak perlu ditanggapi. Belajar, dengan giat, berdoa agar ujian lancar. Itu justru lebih penting, daripada percaya dengan kabar bocoran jawaban Ujian Nasional,” kata Johanes saat ditemui suarasurabaya.net.

Mulai Senin (10/4/2017) digelar UNBK 2017 untuk tingkat SMA secara nasional. Dijadwalkan UNBK 2017 ini akan berakhir pada Kamis (13/4/2017) mendatang.(tok/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
29o
Kurs