Sabtu, 18 Mei 2024

Bubaran Haul Akbar di Ponpes Al Fitrah, Lalin Suramadu Macet Lagi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Situasi kemacetan di Tol Suramadu arah Madura-Surabaya dampak bubaran Haul Akbar di Ponpes Al Fitrah, Surabaya, Minggu (30/4/2017). Foto: Yoga Prasetyo via e100

Kompol Ahmad Faisal Amir Kapolsek Kenjeran memastikan, lalu lintas di sekitar Tol Suramadu sudah kembali lancar setelah sebelumnya mengalami kepadatan dan antrean panjang kendaraan. Kemacetan ini dampak dari bubaran acara Haul Akbar di Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya, Minggu (30/4/2017).

“Kegiatan ini kan berlangsung dari pukul 07.00 WIB tadi pagi, sampai ba`da zuhur. Sebenarnya pelaksanaan kegiatan ini sudah berakhir dari jam 13.00 WIB tadi. Cuma, jemaah ini keluarnya berbarengan. Sampai sekarang masih berangsur-angsur jemaah menyeberang jalan,” katanya kepada Radio Suara Surabaya, Minggu sore, pukul 15.00 WIB.

Faisal mengatakan, setidaknya ada 5 ribu jemaah yang mengikuti acara Haul Akbar tersebut. Saat bubaran, tidak seperti saat datang, mereka bubar hampir bersamaan. Hal ini, kata Faisal, yang mengakibatkan kemacetan.

Radio Suara Surabaya mendapatkan laporan dari pendengar, kemacetan dari Madura menuju ke Surabaya sempat mencapai lebih dari satu kilometer.

“Kami sudah menerapkan sistem hitungan menit, tidak lebih dari 1 menit untuk jemaah itu menyeberang. Kerumunan jemaah lebih banyak di sisi timur (Ponpes), yang datang dari luar kota. Parkiran juga sudah diatur, di Kecamatan Kenjeran sampai ke Terminal Kedung Cowek.

Untuk mengatur arus lalu lintas, kendaraan dari arah Surabaya maupun Madura memang sempat diberhentikan untuk menyeberangkan setidaknya 50 orang sekali jalan. Tapi tidak hanya itu, kemacetan ini diduga juga diakibatkan berhentinya bus jemaah di tengah-tengah lajur.

Ada tiga lajur di sepanjang jalan Kedung Cowek, terutama dari suramadu. Karena adanya bis, pendengar Suara Surabaya melaporkan, hanya tersisa lajur kanan jalan yang bisa dilewati kendaraan.

Akibatnya, laju kendaraan terhambat. “Sebenarnya sudah parkir di jalur lambat semua. Tapi kami akan mengecek lagi, karena ada petugas kami di lapangan,” katanya.

Perlu diketahui, dampak kemacetan akibat bubaran Haul Akbar Ponpes Al Fitrah yang digelar setiap tahun ini diperkirakan masih berlangsung hingga pukul 16.00 WIB tadi.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs