Minggu, 19 Mei 2024

Buruh Berkumpul dan Berorasi di Berbek Industri

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Massa buruh mulai berdatangan di Berbek Industri. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Ratusan buruh yang bekerja di perusahaan sekitar Berbek Industri dan Rungkut Industri berkumpul di kawasan Berbek Industri untuk memperingati hari buruh sedunia.

Dalam aksinya, mereka akan menuju Kantor Pemerintah Gubernur Jawa Timur, untuk bertemu dengan Soekarwo, Gubernur Jawa Timur.

Nanti, rutenya dari Berbek Industri, buruh akan bergerak menggunakan kendaraan roda dua melintasi jalan rungkut industri, Jalan Jemur Handayani, Frontage Ahmad Yani.

Mereka baru berhenti di frontage road sebagai titik kumpul buruh dari berbagai daerah. Selanjutnya mereka akan ikut bergabung melakukan aksi di Kantor Gubernur Jawa Timur.

Menurut rencana, buruh akan berjalan kaki dari depan BG Junction Jalan Bubutan, hingga Kantor Gubernur Jawa Timur.

Sementara pantauan suarasurabaya.net dalam aksinya di Brebek, Agus salah satu koordinator aksi menyebutkan beberapa poin yang menjadi tuntutan aksi buruh di tahun 2017. Pertama menolak sistem kerja outsourcing, menolam sistem kerja pemagangan.

“Pemagangan itu sama saja kita seperti anak sekolah. Bekerja tidak dibayar,” teriak Agus, Senin (1/5/2017).

Selain itu, pemerintah juga harus memberikan jaminan kesehatan gratis kepada buruh, merevisi mengenai jaminan pensiunan, agar buruh yang tidak bekerja mendapat pensiun.

Serta menolak mengenai rencana revisi Undang-undang No 13 tentang ketenagakerjaan, menolak dan minta supaya peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan dicabut.

“Kita sebagai buruh pemerintah juga harus melakukan revisi mengenai komponen hidup layak,” ucap Agus.

Sementara, dalam aksi memperingati Hari Buruh sedunia. Beberapa buruh lainnya yang tergabung dari serikat pekerja seluruh Indonesia (SPSI) juga melakukan aksi di dekat GOR Sidoarjo. (bry/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs