Senin, 1 Maret 2021

Cadets US Army, Taruna AAL dan Pramuka Besok Membuat Biopori di Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Membuat lubang resapan biopori. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Anggota taruna Angkatan Darat Amerika Serikat atau Cadets United States Army, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), bersama anggota Pramuka, Selasa (1/8/2017) besok dijadwalkan membuat lubang resapan biopori sepanjang kawasan Jl. Kertajaya Indah, Surabaya.

“Lubang resapan biopori sangat bermanfaat untuk menyuburkan lingkungan tanah di sekitarnya. Oleh karena itu sangat penting membuat lubang resapan ini dimana-mana. Termasuk di kawasan dekat dengan pantai, penting digalakkan,” kata Mochammad Zamroni Andalan Lingkungan Hidup Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur.

Menurut Zamroni, saat ini kondisi air tanah di sekitar kota Surabaya, utamanya yang tidak terlalu jauh dari kawasan pantai, dari hasil penelitian sudah mulai tercemari air laut. Dengan kata lain, air laut sudah mulai masuk kawasan-kawasan bawah tanah yang ada di dekatnya.

“Dan lubang resapan biopori satu di antara fungsinya dapat dipakai sebagai penahan masuknya air laut ke daratan. Perlu banyak dibuat dibanyak kawasan, agar resapan air tanah kita tetap aman, dan tidak tercemari air laut,” kata Zamroni, Senin (31/7/2017).

Saat ini, kebutuhan lubang resapan biopori sangat diharapkan dibuat oleh masyarakat perkotaan yang memiliki tanah atau terdapan tanah dilingkungan tempat tinggalnya. Hal ini dikarenakan satu di antara manfaat lubang resapan biopori adalah memberikan dampak positif bagi tanah di sekitarnya. (tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Berlubang dan Berkubang

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Surabaya
Senin, 1 Maret 2021
30o
Kurs