Senin, 29 April 2024

Car Free Day di Unesa Bagian Rangkaian Bulan Pendidikan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Gerbang Jalan Raya Unesa lidah yang juga menghubungkan jalur ke Citraland. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Prof Warsono Rektor Universitas Negeri Surabaya mengatakan, kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) di Jl Raya Unesa Lidah digelar Minggu (7/5)2017) besok, sebagai puncak rangkaian acara bulan Pendidikan dan Edufest 2017 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Warsono mengatakan, kegiatan dimulai pukul 05.30-09.30 WIB di wilayah kampus dan Jalan Unesa sampai perempatan jalan Lidah Kulon.

“Kegiatan akan diisi berbagai aktivitas olahraga, salah satunya jalan sehat dan senam massal, silakan warga kota Surabaya yang ingin bergabung,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (6/5/2017).

Terkait izin dari pihak kepolisian, Warsono mengatakan sudah dilakukan koordinasi dengan Polrestabes Surabaya. Prinsipnya, kata Warsono apapun hasil koordinasi itu, acara Car Free Day yang digelar pertama kali ini tetap berjalan besok.

Warsono mengatakan, menurut legalitas standing kawasan Jalan yang menghubungkan Citraland itu adalah wilayah milik kampus Unesa. Jadi, jika mengadakan kegiatan di hari libur sebentar saja tidak akan mengganggu masyarakat.

“Menurut legalitas standing itu berada di wilayah kami. Kami asumsikan, kalau itu wilayah kami maka kami juga memberi kesempatan kepada masyarakat lain untuk bergabung. Kami tidak menutup jalan,” katanya.

Sementara itu, Prof Nurhasan Ketua Panitia mengatakan, Car Free Day di sepanjang jalan Unesa lidah itu bebas bisa dinikmati oleh masyarakat. Selain senam bersama, para pedagang kecil juga diperbolehkan berjualan di sekitar lokasi. Mulai sore ini, persiapan akan dilakukan.

“Kami mengundang seluruh masyarakat ikut hadir. Tidak hanya di luar, di dalam kampus kami juga mempersilakan,” katanya.

Nurhasan mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program eco-campus Unesa. Selama tiga tahun terakhir, Unesa berhasil meraih predikat juara 1 eco-campus tingkat kota.

“Kami ingin berkontribusi dalam upaya penurunan polusi udara melalui pengurangan emisi kendaraan bermotor,” kata Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan ini. (bid/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs