Sabtu, 27 April 2024

Dalam 2 Jam, 125 Truk Overload Ditilang

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Petugas saat melakukan pengecekan muatan truk apakah overload atau tidak di timbangan portable di ruas tol Sidoarjo-Waru, Selasa (29/8/2017). Foto: Malau petugas Senkom Jasa Marga

Sebanyak 125 truk overload terjaring razia petugas gabungan di ruas tol Sidoarjo-Waru dalam kurun waktu dua jam, Selasa (29/8/2017).

Purwantoro Kasubag Pelayanan Lalu Lintas Jasa Marga mengatakan, razia truk ini dimulai pukul 08.45-10.45 WIB.

“Sasaran utamanya truk yang overload karena bisa mengakibatkan kemacetan akibat as putus, mogok dan lainnya,” kata Purwantoro pada Radio Suara Surabaya.

Untuk sementara ini, kata dia, tindakan yang dilakukan memang berupa denda tilang. Sedangkan sanksi pengurangan muatan masih belum dilakukan.

“Tapi kita akan evaluasi untuk ke depannya karena harus ada lahan. Selama belum ada lahan, kita koordinasi dengan pengadilan dikarenakan denda maksimal Rp500 ribu. Bisa jadi di pengadilan diputuskan lebih ringan,” ujar dia.

Kata Purwantoro, ini termasuk operasi khusus di ruas jalan tol. Ada peraturan pemerintah No.15 Tahun 2005 tentang jalan tol, Jasa Marga berhak menolak masuk kendaraan yang tidak memenuhi. “Selama ini belum bisa diterapkan dengan pertimbangan mereka akan memenuhi jalan non tol,” katanya. (dwi/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs