Kamis, 25 April 2024

Dampak Tropical Low, Waspadai Gelombang Laut Tinggi

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi

Eko Prasetyo Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG) Maritim Tanjung Perak mengemukakan gelombang laut di Utara maupun Selatan Jatim saat ini kurang kondusif sebagai dampak adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia.

“Saat ini ada pusat tekanan rendah atau tropical low di barat laut Australia yang berdampak terhadap perairan Indonesia, sehingga tinggi gelombang kurang kondusif untuk aktivitas pelayaran,” katanya di Surabaya, Sabtu (28/1/2017), menanggapi munculnya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia.

Pusat tekanan rendah atau tropical low di Barat Laut Australia tersebut saat ini belum hilang, tapi masih bergerak ke arah barat dan dampaknya dirasakan di perairan Indonesia.

Tinggi gelombang perairan Laut Jawa atau di utara Jatim saat ini berkisar 3-3,5 meter dengan kecepatan angin sekitar 50 kilometer per jam, sedangkan di selatan Jatim tinggi gelombang lebih tinggi, yakni berkisar 3,5 – 4 meter dengan kecepatan angin lebih dari 55 kilometer per jam.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat, terutama nelayan, untuk berhati-hati dan waspada saat beraktivitas agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan.

Sementara itu, cuaca di Jatim hari ini diperkirakan sebagian besar diguyur hujan. “Sebagian besar wilayah Jatim hujan, khususnya kawasan pantai utara,” kata Eko seperti dilansir Antara.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs