Minggu, 5 Mei 2024

Dana Pendidikan Dipangkas Rp35 Triliun

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Dianggap tidak disiplin dalam penggunaan anggaran yakni masih mengutamakan belanja rutin, anggaran kemendikbud akhirnya dipangkas lagi sebesar Rp15 triliun.

Menurut keterangan Sri Mulyani Menteri Keuangan, dana tersebut akan dialihkan untuk Dana Abadi Pendidikan (DAP).

Dibanding dengan kementrian lain, pagu anggaran kemdikbud yang paling besar yakni 20 persen dari total APBN.

Sebelumnya anggaran Kemdikbud sudah dipotong sebesar Rp20 triliun untuk LDP yang dikelola kementrian keuangan. Sehingga tahun 2018 nanti kemdikbud akan kehilangan anggaran sebesar Rp35 triliun.

Menanggapi pemangkasan anggaran tersebut, Muhadjir Effendi Mendikbud mengatakan, Rp35 triliun bukan jumlah yang kecil.

Tapi kalau itu sudah menjadi keputusan presiden, harus dilaksanakan. Tapi mendikbud menjamin pengurangan anggaran pendidikan tidak akan berpengaruh pada mutu pendidikan.

“Dana akan disisihkan langsung oleh mentri keuangan,” kata Mendikbud usai sholat Jumat di masjid komplek Kemdikbud Sudirman, Jumat (7/4/2017).

Mendikbud tidak menganggap pemangkasan anggaran ini sebagai hukuman tapi keperuntukan lebih difokuskan pada biaya pendidikan anak cucu ke luar negeri. Tahun 2030, DAP akan terkumpul sekitar Rp400 triliun.

Anak-anak Indonesia yang mempunyai kemampuan secara akademi tapi tidak bisa meneruskan ke jenjang pendidikan lebih tinggi di luar negeri karena terbentur oleh biaya akan dibantu melalu Dana Abadi Pendidikan, sehingga tidak mengurangi anggaran yang lain. (jos/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs