Jumat, 29 Maret 2024

Denpasar Bentuk Tim Reaksi Cepat Siaga Gunung Agung

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Pemkot Denpasar membentuk tim respon cepat yang terdiri dari dinas sosial, PMI, dinas kesehatan, Dinas PUPR dan BPBD Kota Denpasar terkait status level III (siaga) Gunung Agung.

Wayan Hendaryana Kepala Bidang Pemberitaan Humas dan Protokol Kota Denpasar di Denpasar, Kamis (21/9/2017) mengatakan pembentukan tim reaksi cepat tersebut sebagai upaya pemkot mengantisipasi Gunung Agung meletus.

Tim ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Denpasar terhadap kemungkinan terjadinya bencana yang diakibatkan letusan Gunung Agung. Rapat koordinasi tim tersebut dilakukan pada Rabu (20/9/2017) yang dipimpin Rai Iswara Sekda Kota Denpasar Anak Agung.

Sementara itu, Rai Iswara mengatakan pembentukan tim reaksi cepat itu sebagai bentuk kepedulian pemkot di bawah pimpinan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra Wali Kota Denpasar dan IGN Jaya Negara wakilnya.

Sehingga jika terjadi bencana yang tak terduga terjadi, maka tim reaksi cepat ini akan segera bergerak ke daerah atau lokasi yang warganya memerlukan bantuan.

“Jika terjadi bencana, maka tim tersebut akan secepat mungkin membantu korban akibat letusan Gunung Agung tersebut,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Rai Iswara lebih lanjut mengatakan untuk keperluan tenaga medis dan obat-obatan, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan telah mempersiapkan.

“Saya sudah memerintahkan Dinas Kesehatan untuk mempersiapkan segala keperluan maupun obat-obatan apabila dibutuhkan saat kejadian,” ucapnya.

Sedangkan untuk keperluan masker atau penutup hidung, Rai Iswara mengaku telah menyediakan sebanyak 2.000 lembar masker dan apabila dibutuhkan lagi pihaknya sudah memesan sesuai dengan kebutuhan.

Ia mengimbau, apabila terjadi erupsi Gunung Agung masyarakat Karangasem yang tinggal di Kota Denpasar bersama sanak saudaranya agar melaporkan diri ke desa dan kelurahan setempat, sehingga dapat di data.

Dalam kesempatan itu, Rai Iswara mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa bersama-sama agar Gunung Agung tidak meletus.

“Mari warga Denpasar panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar musibah itu tidak terjadi. Semoga Bali dalam keadaan selamat dan damai,” katanya. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs