Minggu, 19 Mei 2024

Di Bawah Guyuran Hujan, Aksi 212 Tetap Berlangsung di Depan Gedung DPR/MPR

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Aksi massa ormas Islam yang tergabung dalam Forum Umat Islam, tetap berlangsung di bawah guyuran hujan di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (21/2/2017). Foto: Farid suarasurabaya.net

Aksi unjuk rasa sejumlah ormas Islam yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) dan elemen mahasiswa seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), sudah berlangsung di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta.

Terpantau sekitar 2000-an massa berkumpul di Jalan Gatot Subroto, persis di depan pintu gerbang utama Komplek Parlemen.

Sebagian besar dari peserta aksi menggunakan jas hujan, karena sedari dini hari tadi Jakarta diguyur hujan.

Walaupun hujan cukup deras, mereka tetap melakukan orasi, dan ada pertunjukan silat yang diperagakan sejumlah jawara betawi.

Sekadar diketahui, ada 3 tuntutan massa dalam aksi 212 hari ini, yaitu menuntut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dicopot dari jabatan Gubernur DKI, stop kriminalisasi Ulama, dan meminta mahasiswa yang ditangkap karena berunjuk rasa, segera dibebaskan.

Rencananya, 20 perwakilan peserta aksi bakal diizinkan masuk Gedung DPR, untuk beraudiensi dengan anggota dan Pimpinan Komisi III DPR.

Sementara itu, sekitar Komplek Parlemen sudah dijaga ketat aparat kepolisian dari Resimen Pelopor Brimob, Marinir TNI Angkatan Laut, dan pengamanan dalam Gedung DPR/MPR.

Lebih dari 20 kendaraan taktis seperti Barracuda dan Water Canon sudah terparkir di sekitar lokasi aksi. Selain itu, juga ada mobil pemadam kebakaran dan ambulance.

Sebelumnya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan, pihaknya mengerahkan sekitar 10 ribu personel mengamankan aksi 212.

Dan, pihak kepolisian mengiizinkan aksi ini berlangsung sampai jam 6 petang. (rid/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
28o
Kurs