Sabtu, 4 Mei 2024

Diatas Kursi Roda Siswa YPAC Surabaya Ikuti Upacara Hari Pahlawan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa-siswi Sekolah YPAC Surabaya ikuti upacara Hari Pahlawan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meski diatas kursi roda, puluhan siswa-siswi sekolah Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Surabaya, Jumat (10/11/2017) penuh semangat dan dengan khidmad mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan disekolahnya.

Mengenakan seragam loreng warna hijau, siswa-siswi penyandang disabilitas itu didampingi beberapa guru dan para orang tua siswa yang mendorong masing-masing kursi roda lalu berjajar di lapangan upacara yang ada di tengah sekolah.

Dengan penuh semangat para siswa-siswi setingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama ini, menunggu pelaksanaan upacara yang memang selalu digelar setiap memperingati Hari Pahlawan, dan sejumlah peringatan hari-hari penting nasional lainnya.

“Kami memang selalu mengajak siswa-siswi kami untuk upacara di hari-hari tertentu, peringatan hari nasional seperti Hari Pahlawan 10 November, kami selalu gelar upacara, dan anak-anak memang selalu menanyakan upacara,” terang Rama Faik wakil ketua YPAC Surabaya.

Menurut Rama kegiatan upacara seperti yang digelar Jumat (10/11/2017) dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tersebut bagi siswa sangat berarti. “Ini juga bagian dari pendidikan untuk anak-anak diluar pendidikan formal yang setiap hari diikuti anak-anak. Mereka senang sekali,” tambah Rama.

Beberapa orang tua siswa memilih hadir untuk ikut upacara mendampingi putera-puteri mereka, sembari mendorong kursi roda. Untuk ikut serta memeriahkan upacara peringatan Hari Pahlawan, para orang tua siswa juga tampil mengenakan pakaian loreng warna hijau.

Ada juga orang tua siswa yang tampil berdandan ala pejuang dengan mengikatkan bendera merah putih kecil di lengan tangan mereka. “Kami sebelumnya juga menginformasikan ada orang tua siswa untuk berkenan mengenakan pakaian loreng atau berdandan ala pejuang, ternyata setuju,” kata Rama.

Sementara itu, untuk memeriahkan peringatan Hari Pahlawan, usai upacara bendera para siswa-siswi menggelar aubade. Sambil membawa bendera merah putih kecil dan rapi berjajar di lapangan upacara anak-anak itu bergembira diatas masing-masing kursi rodanya.(tok/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs