Jumat, 26 April 2024

Dimulai di Surabaya, 29 Negara Ikuti Asian Youth Day 2017

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Diawali dengan misa, dipimpin Mgr. Vincentius Wicaksono Uskup Surabaya, Asian Youth Day 2017 dimulai di Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Pertemuan pemuda Katolik se Asia, Asian Youth Day 2017, diawali dengan misa yang digelar di kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) diikuti perwakilan 29 negara didunia dimulai di Surabaya, Minggu (30/7/2017).

Misa yang dipimpin langsung Mgr. Vincentius Wicaksono Uskup Surabaya, diikuti sekurangnya 200 pemuda-pemudi Katolik yang berasal dari Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, Macau serta dari Timor Leste.

Nantinya seluruh kegiatan Asian Youth Day 2017 akan dipusatkan di Yogyakarta mulai pada 2 Agustus 2017 sampai dengan 6 Agustus 2017, dengan berbagai kegiatan yang sudah diprogramkan sebelumnya. Dan penyelenggaraan Asian Youth Day 2017 merupakan kali ke 7 digelar.

Sebelumnya, Asian Youth Day digelar dibeberapa negara, yaitu Thailand, Taipei, India, Hongkong, Filipina dan Korea. Dan di Surabaya sendiri kegiatan digelar Minggu (30/7/2017) sampai dengan 1 Agustus 2017.

“Selain seremonial pembukaan yang sudah dilakukan diawali dengan misa bersama, selanjutnya akan ada kegiatan-kegiatan lain yang akan diikuti peserta yang sduah hadir di Kota Surabaya. Satu diantara kegiatannya adalah mengunjungi kampung lawas di Surabaya,” terang Bimo Ario Tejo ketua panitia penyambutan Asian Youth Day 2017 di Surabaya.

Tema tahun ini: Joyful Asian Youth! Living the Gospel in Multicultural Asia, yang diharapkan nantinya dapat meneguhkan orang-orang muda Katolik di Asia mengembangkan rasa solidaritas serta kepekaan sosial pada tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa di Asia.

Sementara itu, usai misa dan pembukaan pelaksanaan Asian Youth Day 2017 di Surabaya, Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur, hadir dan memberikan selamat secara khusus kepada Mgr. Vincentius Wicaksono Uskup Surabaya, atas terselenggaranya Asian Youth Day 2017.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs