Kamis, 23 Mei 2024

Dinkes Jatim akan Gelar Imunisasi Campak Rubella Gratis Bagi 8 Juta Anak

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggelar imunisasi gratis untuk mengantisipasi dampak negatif dari penyakit campak-rubella. Rencananya, kegiatan akan digelar serentak di seluruh kabupaten/kota pada Agustus hingga September.

“Untuk kegiatan ini, kami manyasar 8.468.640 anak dengan usia 9 bulan hingga 15 tahun. Layanan imunisasi gratis nantinya dapat diperoleh di Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Posyandu, Poskesdes, rumah sakit secara gratis di bawah kordinasi Dinkes Kabupaten/Kota,” kata Kohar Hari Santoso Kepala Dinkes Jawa Timur, Jumat (21/7/2017).

Menurut dia, pemberian imunisasi merupakan upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi terhadap serangan penyakit. Imunisasi bersifat wajib, mengingat semakin banyak jenis penyakit yang tersebar melalui interaksi. Karenanya, pemberian vaksin, harus teratur dan bertahap yaitu ketika bayi berusia 9 bulan, 24 dan 36 bulan.

Sementara itu, penyakit campak sendiri disebabkan virus yang dapat dilihat dari tanda adanya demam, menggigil, hidung dan mata berair. Gejala lain yang tampak yaitu timbul ruam-ruam pada kulit berupa bercak dan bintil merah pada kulit muka, leher, dan selaput lendir mulut.

Saat penyakit campak memuncak, suhu tubuh bisa mencapai 40 derajat Celcius. “Bahaya rubella dapat mengakibatkan ruam pada kulit menyerupai campak, radang selaput lendir, dan radang selaput tekak,” kata dia.

Ruam rubella sendiri biasanya bisa hilang dalam waktu 2-3 hari. Gejala rubella berupa sakit kepala, kaku pada persendian, dan rasa lemas. Biasanya rubella diderita setelah penderita berusia belasan tahun atau dewasa.

“Bahayanya, bila bayi baru lahir atau anak balita terinfeksi rubella, bisa mengakibatkan kebutaan. Bila wanita hamil terinfeksi rubella, dapat mempengaruhi pertumbuhan janin. Bayi umumnya lahir dengan cacat fisik (buta tuli) dan keterbelakangan mental,” kata dia.

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan mulai melaksanakan imunisasi nasional vaksin gratis campak dan Rubella pada 1 Agustus 2017. Imunisasi akan diberikan di sekolah-sekolah tingkat SD dan SMP di enam provinsi di pulau Jawa, termasuk Jawa Timur. (fik/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
31o
Kurs