Rabu, 1 Mei 2024
Hari Jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur

Dua Tahun Berturut-Turut Jatim Dinobatkan Jadi Provinsi Paling Inovatif

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Jawa Timur meraih Samkarya Nugraha Parasamya Purnakarya Nugraha, ditunjukkan oleh Soekarwo Gubernur Jatim dan Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jatim. Foto: Dok. Humas Pemprov Jatim

Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri mengatakan, Jawa Timur saat ini menjadi satu-satunya provinsi paling inovatif di Indonesia sehingga menjadi provinsi rujukan dari beragam provinsi lainnya.

“Jawa Timur untuk kedua kalinya mendapatkan penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha dari Presiden, dan ini merupakan satu-satunya provinsi yang secara berturut-turut mendapatkan penghargaan,” kata Tjahjo usai menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-72 Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Tugu Pahlawan, Surabaya, Kamis (12/10/2017).

Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha sendiri merupakan penghargaan yang dilihat dari seluruh aspek pembangunan di sebuah daerah. Penghargaan ini misalnya dengan melihat inovasi, pendidikan, pertumbuhan ekonomi, sosial, serta peningkatakan sumberdaya manusia dan pemanfaatan sumberdaya alam.

“Dalam hal inovasi, bank tani yang diluncurkan Jawa Timur terbukti mampu memberikan kesejahteraan bagi para petani dan saat ini ditiru di banyak provinsi,” kata Tjahjo.

Begitu juga di sektor industri, keberadaan Kota Surabaya, Sidoarjo dan terakhir adalah perkembangan Lamongan merupakan kawasan yang mampu menyumbang kinerja perekonomian bangsa.

Dalam kesempatan ini, Tjahjo juga berpesan agar masyarakat Jawa Timur selalu rukun dan menjaga perdamaian. Tahun politik 2018 yang akan dilalui Jawa Timur harus dihadapi dengan tenang dan tidak sampai memecah belah keutuhan masyarakat.

Sementara itu, peringatan Hari Jadi ke-72 Pemprov Jawa Timur kali ini dipusatkan di Tugu Pahlawan dan dihadiri lebih dari empat ribu peserta upacara dan undangan. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
31o
Kurs