Selasa, 7 Mei 2024

Dubes Prancis Minat Kerjasama Teknologi Perkotaan dengan Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Delegasi perwakilan perusahaan Prancis saat berkunjung ke Balai Kota Surabaya, Selasa (31/1/2017). Foto: Humas Pemkot Sufabaya

Jean Charles Berthonet Duta Besar Prancis untuk Indonesia melakukan kunjungan resmi pertama ke Surabaya, Selasa (31/1/2017) bersama rombongan perwakilan perusahaan Prancis di bidang teknologi.

Ada delapan orang perwakilan perusahaan Prancis di bidang teknologi yang turut berkunjung ke Balai Kota Surabaya, serta enam orang pejabat Kedubes Prancis untuk Indonesia.

Jean Charles mengakui, telah banyak mendengar kemajuan di Kota Surabaya yang menurutnya sangat cepat. “Saya senang bisa berkunjung ke sini,” ujarnya dalam keterangan pers Pemkot Surabaya.

Jean berkunjung ke Surabaya untuk mengetahui langsung bagaimana Pemkot Surabaya menerapkan perencanaan kota serta pembangunan infrastruktur.

“Kami juga ingin mempelajari lebih jauh tentang smart city di Surabaya. Saya kira, Surabaya juga memiliki masalah perkotaan sebagaimana di kota besar lainnya di Indonesia, bahkan di dunia,” ujarnya.

Dubes Prancis ini menyatakan hendak menjalin kerja sama lebih jauh dengan Pemkot Surabaya, terutama di bidang teknologi untuk mengatasi masalah perkotaan itu.

“Kami memiliki teknologi untuk mengatasi masalah perkotaan. Karena itu, kami menghadirkan pengusaha-pengusaha di bidang transportasi, energi, dan teknologi informasi,” katanya.

Salah satu perusahaan yang turut dalam delegasi adalah Suez, yang bergerak dalam pengelolaan air bersih.

Rombongan Dibes dan delegasi perusahaan Prancis ini diterima oleh Hendro Gunawan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya dan perwakila beberapa SKPD di Balai Kota Surabaya.

Hendro sempat memaparkan perkembangan dan kemajuan pembangunan di Surabaya, demikian halnya penggunaan teknologi informasi sebagai bagian dari tata kota di Surabaya.

Selain Surabaya, rombongan Kedutaan Besar Prancis melalui Business France bersama delegasi pengusaha dalam program Workshop City of Tomorrow ke Indonesia itu juga mengunjungi Palembang dan Bandung.(den/ipg)

Teks Foto:
– Jean Charles Berthonet Duta Besar Prancis untuk Indonesia (kiri) memberikan cinderamata kepada Hendro Gunawan Sekda Pemkot Surabaya.
Foto: Humas Pemkot Surabaya

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs