Minggu, 28 April 2024

E-Korean Class Makin Dekatkan Indonesia dan Korea

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Saat Prof Rolly Intan Rektor UK Petra Surabaya konferensi pers, didampingi petinggi KANI dan NIA dari Korea. Foto: Totok suarasurabaya.net

Hubungan Indonesia dengan Korea diharapkan menjadi semakin dekat seiring dengan mulai dijalankannya E-Korean Class, yang Selasa (12/12/2017) diuji coba secara langsung di kampus Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, dengan sejumlah perwakilan asal Korea.

“Melalui E-Korean Class aktivitas belajar menjadi terhubung antara Indonesia melalui kampus UK Petra Surabaya dengan perguruan tinggi di Korea. Ini memberikan kemudahan bagi Indonesia dna Korea untuk lebih saling terhubung, dna tentunya Indonesia dan Korea semakin dekat,” kata Prof. Rolly Intan Rektor UK Petra Surabaya.

Ke depan nanti, lanjut Rolly pembelajaran bahasa Korea akan menjadi mudah dilakukan dan tentunya terbuka bagi segenap masyarakat yang ingin mempelajari bahasa Korea dengan fasilitas yang mampu menghadirkan kelas di Korea melalui perangkat khusus dalam E-Korean Class.

“Tidak itu saja, para mahasiswa juga bisa melakukan riset dan penelitian secara bersama-sama, dan melalui E-Korean Class, mereka bisa saling bertatap muka. Ini sangat luar biasa, dan ke depan sangat dibutuhkan kampus maupun masyarakat. Dan kami membuka diri untuk hal itu,” ujar Rolly.

Menandai penerimaan hibah dari Korea Association of Network Industries (KANI) untuk UK Petra Surabaya dengan pendirian sekaligus uji coba smart classroom atau E-Korean Class tersebut diharapkan kedepan menjadi penanda hubungan antara UK Petra Surabaya dengan Korea semakin erat di dunia pendidikan.

Sementara itu, ditambahkan Choi Ji Woo ketua Korea Association of Network Industries, bahwa pihaknya memilih UK Petra Surabaya sebagai penerima hibah, terlebih karena kepercayaan dan fakta bahwa UK Petra Surabaya merupakan kampus yang memiliki kredibilitas yang cukup bagus.

“Selain kami memang bekerjasama dengan UK Petra melalui Dongseo University, kami berkeyakinan bahwa UK Petra adalah perguruan tinggi swasta yang bagus dan kredibilitasnya bisa dipertanggungjawabkan, dan kami bekerjasama,” kata Choi Ji Woo.

Selanjutnya, dengan hadirnya E-Korean Class ini bukan hanya mahasiswa UK Petra Surabaya saja yang dapat memanfaatkan fasilitas canggih tersebut. Masyarakat luas yang ingin belajar dan mengetahui bagaimana bahasa, budaya serta pendidikan di Korea bisa hadir di kampus yang berada di kawasan Siwalankerto tersebut.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs