Rabu, 1 Mei 2024

Eksplorasi 2 Kota Picu Gairah Perupa Muda

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tak sekadar sebagai sarana silaturahmi, Eksplorasi 2 Kota diharapkan menggairahkan perupa muda. Foto: Yoes Wibowo Humas Eksplorasi 2 Kota

Mas Dibyo pelukis papan atas Indonesia, ingin menjalin silaturahmi bersama seniman dan perupa muda di Jawa Timur, lewat kegiatan pameran karya yang digelar di sejumlah kota di Jawa Timur. Kegiatan itu kemudian hadir di Sidoarjo dan berwujud pameran lukisan bertajuk: Eksplorasi 2 Kota.

Dimulai dari Madiun, Jombang, dan berakhir di Sidoarjo. Dipilihnya ke tiga kota tersebut, tak lepas dari catatan yang masih ada hingga hari ini bahwa di ketiga kota itulah banyak kantong-kantong seni khususnya seni lukis.

Di Sidoarjo, sekurangnya 40 perupa yang berasal dari Mojokerto dan Sidoarjo ikut berpartisipasi pada Eksplorasi 2 Kota tersbeut.

“Mas Dibyo ingin bersilaturahmi dengan para seniman muda, sekaligus memancing gairah melukis para seniman muda khususnya para perupa,” ujar Yoes Wibowo satu diantara perupa yang berpartisipasi sekaligus juru bicara pameran.

Di Sidoarjo pameran Eksplorasi 2 Kota digelar di Museum Mpu Tantular. Lebih dari 40 lukisan dengan berbagai ukuran dan aliran karya para seniman muda termasuk beberapa karya dari Mas Dibyo ikut dipamerkan.

Eksplorasi 2 Kota dijadwalkan bakal berakhir pada 25 Pebruari 2017 nanti dan dibuka pada 20 Pebruari 2017 lalu oleh Drs. Edi Irianto MM Kepala Museum Mpu Tantular. Pada sambutannya Edi mengingatkan bahwa museum dengan segala isinya bisa menjadi inspirasi bagi karya para perupa.

“Museum dengan segala isinya yang merupakan obyek benda lama, menurut saya bisa menjadi obyek bagi inspirasi kawan-kawan perupa. Oleh karena itu kami menyambut hangat pameran ini,” kata Edi.

Sementara itu ditambahkan Yoes Wibowo bahwa kegiatan pameran kali ini memang menjadi sesuatu yang baru bagi para seniman, khususnya para seniman muda yang sebelumnya belum pernah berpameran.

“Harapan kami akan banyak kegiatan semacam ini yang juga mempertemukan seniman senior dan para seniman muda dalam satu forum. Sehingga muncul diskusi dan pertukaran informasi dalam konteks berkesenian,” ujar Yoes Wibowo pada suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
30o
Kurs