Jumat, 19 April 2024

Emile Zola Dibedah di Book Review IFI Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Sukses dengan workshop Fashion Kolase, IFI Creative Studio menggelar book review kara-karya Emile Zola penulis Prancis yang tulisan dan karyanya sangat berpengaruh dalam sejarah perkembangan Prancis sejak awal 1800-an.

Emile Zola lahir di Paris, 2 April 1840 dan kemudian meninggal di Paris, 29 September 1902 pada usia 62 tahun. Emile disebut-sebut sebagai tokoh penting aliran naturalisme dalam sastra Prancis dan sosok terkemuka dalam liberalisasi politik di Prancis.

Yang paling dicatat dunia Emile Zola pernah menulis surat yang sangat berpengaruh, berjudul: Jaccuse (Aku Menuduh) saat sebuah peristiwa yang dikenal dengan Dreyfus Affair terjadi di Prancis.

Tulisan Zola menyorot pengadilan atas dakwaan spionase terhadap Alfred Dreyfus, seorang perwira Yahudi Perancis yang sejatinya tidak bersalah. Surat itu diterbitkan di surat kabar yang dimiliki Presiden Prancis kala itu, L Aurore pada tanggal 13 Januari 1898.

Pada suratnya itu Zola menyampaikan pendapatnya tentang rasa luka terhadap ketidakadilan dalam proses pengadilan tersebut. Akibat dari tulisannya itu, Zola dipenjara. Zola dituduh melakukan fitnah. Sebelum dijebloskan kedalam penjara, Zola lari ke Inggris.

Zola kemudian diizinkan kembai ke Prancis setelah pemerintahan yang dikritiknya dibawah kekuasaan L Aurore jatuh.

Dengan latar kehidupan Prancis yang kumuh ketika itu, serta lorong-lorong gelap ditahun 1800an, Emile Zola memang memotret kehidupan masyarakat melalui tulisannya lewat tokoh-tokoh Theresa, Madame Raquin, Camillus, dan Laurent.

Tokoh-tokoh itu menjadi reprsentasi kehidupan masyarakat Prancis kala itu yang dipenuhi beragam intrik, nafsu serta egoisme. Theresa misalnya, adalah gambaran sosok manusia yang ditangan Zola menjadi manusia yang penuh dengan kerapuhan.

“Emile Zola meninggal akibat keracunan karbon monoksida dari cerobong asap yang ditutupi di rumahnya sendiri. Book riview akan dihadiri pengajar Bahasa Prancis dari IFI yang akan mengupas karya Emile Zola. Dan book review kali ini menggunakan bahasa Indonesia,” ujar Khrisna Pramendha atase Kebudayaan dan Press IFI Surabaya.

Book review karya Emile Zola digelar Sabtu (25/2/2017) di Perpustakaan IFI Surabaya Kompleks AJBS Jl. Ratna Surabaya.

Sebelum book review, IFI Creative Studio bersama Perpustakaan IFI Surabaya dalam kegiatan perdananya menggelar workshop fashion kolase. “Selanjutnya memang akan kami jadwalkan beberapa kegiatan menarik lainnya,” kata Khrisna pada suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs