Kamis, 28 Maret 2024

Empat Wisata Alam di Jawa Timur untuk Long Weekend

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Air Terjun Madakaripura. Foto: info wisata terbaru

Akhir bulan April ini bertepatan dengan libur panjang akhir pekan. Waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas pekerjaan selama sebulan penuh ini.

Jawa Timur memiliki beberapa destinasi wisata alam yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga. Berikut empat tempat wisata alam di Jawa Timur yang disadur dari beberapa sumber dan kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi.

1. Gunung Bromo
Keindahan Gunung Bromo sudah terkenal di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Secara geografis, Gunung Bromo terletak di empat kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Untuk mencapai Gunung Bromo Anda bisa mengambil rute dari Malang, Pasuruan ataupun Probolinggo. Menikmati matahari terbit, menjelajah hamparan pasir, dan menikmati keindahan kawah Bromo adalah tiga hal yang harus Anda lakukan di sini.

2. Gua Gong
Gua ini terletak di Desa Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan. Gua ini berada cukup dalam di antara gugusan gua-gua yang berada di di sekitarnya. Goa ini adalah salah satu yang terkenal dari sejumlah tempat wisata di Pacitan. Selain keindahan bentuk stalaktit dan stalagmitnya, keunikan Gua Gong juga adalah karena stalaktit dan stalakmit tertentu dapat berbunyi seperti gong ketika dipukul.

3. Air Terjun Madakaripura
Air terjun ini terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Air terjun ini dijuluki air terjun abadi karena tidak pernah berhenti mencurahkan tirai air halus serupa curahan hujan bagi orang-orang yang dapat melintas di bawahnya. Air terjun in terkesan mistis, tapi akan memberi suguhan yang memukau bagi siapa saja yang melihatnya. Saat masuk ke dalam “ruang” berketinggian 200 meter tersebut, Anda dapat menyaksikan pesona sinar matahari yang menyorot lumut hijau basah di dinding berbatu disertai suara gemuruh air.

4. Kawah Ijen
Berlokasi di kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen, di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Tempat wisata alam di Jawa Timur ini merupakan kawah asam terbesar di dunia dengan tinggi dinding kaldera mencapai 500 meter dan luas kawah mencapai 5,466 hektar. Keindahan Kawah Ijen sudah tersohor hingga mancanegara. Pada pagi hari, pengunjung disuguhi pemandangan dari perpaduan antara sinar matahari berwarna oranye dan warna kawah hijau toska nan teduh. Saat dini hari, Anda bisa menikmati fenomena alam blue fire yang menakjubkan.(berbagai/dlp/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs