Kamis, 25 April 2024

Festival Rujak Uleg, Jalan Kembang Jepun Ditutup Sementara

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Jalan Kembang Jepun Surabaya ditutup sementara sejak Sabtu (13/5/2017) sore untuk kegiatan Festival Rujak Ulek, Minggu (14/5/2017). Foto: Mamat via e100

Jalan Kembang Jepun Surabaya ditutup sementara sejak Sabtu (13/5/2017) sore untuk kegiatan Festival Rujak Uleg, Minggu (14/5/2017).

Widodo Suryantoro Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya mengatakan, untuk proses persiapan toko-toko di sekitar Kembang Jepun juga sudah mulai ditutup sejak Minggu pagi.

“Persiapan panggung, meja, kursi dan cobek-cobek juga sudah disiapkan semua,” kata Widodo pada Radio Suara Surabaya.

Kata Widodo, total peserta yang mengikuti Festival ini sebanyak 1.500 peserta diantaranya dari kelurahan, kecamatan, SKPD Pemkot Surabaya, umum, hotel, tamu kehormatan dari Amerika dan ada beberapa peserta dari universitas.

“Teman-teman dari luar negeri juga sebagian sudah mengerti soal uleg-menguleg. Mereka juga belajar budaya dan belajar ke penjual rujak,” ujar dia.

Proses penjurian festival ini dibantu juri dan beberapa komunitas diantaranya asosiasi PHRI, tata boga, universitas Ciputra, SHS dan forum pengelola objek wisata Surabaya.

“Yang dinilai itu adalah rujak uleknya. Rasa masing-masing grup dan kostum juga dinilai. Ada hadiah Rp1,5 juta rupiah untuk 60 nominasi terbaik. Tapi nanti juga banyak hadiah hiburan dari sponsor,” katanya.

Dengan digelarnya festival ini, kata dia, diharapkan bisa menjadi agenda untuk hari jadi kota Surabaya dan meningkatkan destinasi wisata.

“Tahun ini juga ada evaluasinya. Tiap tahun pelaksanaan rujak ulek ini menambah pengunjung dari dalam dan luar negeri yang ke Surabaya. Ini juga diikuti dari beberapa anggota sister city,” ujarnya. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs