Rabu, 17 April 2024

GP Ansor dan Banser Bantu Amankan Kepulangan Massa HTI dari Masjid Al Akbar

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Massa Hizbut Tahrir Indonesia bubar dari Masjid Al Akbar berjalan menuju bus yang diparkir di Frontage Road (FR) sisi barat Jl Ahmad Yani Surabaya. Foto: Istimewa

Gerakan Pemuda (GP) Anshor dan Barisan Serbaguna (Banser) Kota Surabaya mengurungkan penghadangan massa aksi yang dilakukan DPW Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Jatim. Banser Nahdlatul Ulama justru membantu pengamanan dan lalu lintas di sekitar masjid Al Akbar Surabaya, Minggu (2/4/2017) pagi.

Mulai dari Jl Gayungsari Timur tepatnya di depan Museum NU puluhan aanggota GP Ansor dan Banser melakukan pengamanan dan mengatur lalu lintas dilalui sekitar 5.000 massa HTI Jatim yang baru saja menggelar memperingati Isra Miraj dan salat malam di Masjid Al Akbar Surabaya.

Saat ribuan massa bubar dari Masjid Al Akbar berjalan menuju bus yang diparkir di Frontage Road (FR) sisi barat Jl Ahmad Yani, para anggota GP Ansor dan Banser, dengan ramah membantu mengamankan dengan mengatur lalu lintas. Tidak jarang mereka berjabat tangan dengan massa HTI yang lewat. Seraya mengarahkan supaya berjalan tidak melewati marka jalan.

“Monggo (silahkan), semoga selamat sampai tujuan pulang ke rumah,” ucap salah satu anggota Banser sambil mengatur lalu lintas.

Kegiatan massa HTI Jatim berjalan lancar dan aman. Dalam kegiatan menggelar salat malam dan shalat subuh berjamaah di Masjid Al Akbar Surabaya, massa HTI juga tidak tampak menggunakan atribut bendera. Mereka pulang menuju berbagai kota dan kabupaten di Jatim.

“Alhamdulillah, aman. Tidak ada gangguan dan semua kondusif,” kata Kompol Esti S Oetami, Kapolsek Gayungan Surabaya. (bid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs