Kamis, 28 Maret 2024

Galang Dana untuk Rohingya, Latih Empati Siswa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Surat siswa berisi ucapan terimakasih pada Presiden RI yang menyampaikan bantuan untuk muslim Rohingya. Foto: totok suarasurabaya.net

Aksi penggalangan dana untuk masyarakat Rohingya dilakukan siswa-siswi SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Melatih empati siswa terhadap penderitaan sesama.

Melatih empati terhadap penderitaan sesama manusia, Selasa (19/9/2017) siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya gelar aksi galang dana untuk masyarakat Rohingya.

Edy Susanto Kepala SD Muhammadiyah 4 Surabaya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut langkah awal mengajak pelajar untuk memiliki empati dan solidaritas pada sesama yang sedang dalam penderitaan.

“Masyarakat Rohingya hari-hari ini sedang dalam penderitaan. Kami mengajak anak-anak untuk memahami tragedi kemanusiaan tersebut. Alhamdulillah anak-anak langsung bereaksi dengan menggelar aksi galang dana. Kami memfasilitasi keinginan mereka,” kata Edy Susanto.

Terkumpul dana lebih dari Rp40 juta, dan dijadwalkan dana tersebut segera dukirimkan kepada pemerintah agar disalurkan kepada masyarakat Rohingya yang sangat membutuhkan bantuan dalam bentuk apapun.

Sebagai bentuk syukur serta ucapan terimakasih pada pemerintah, Selasa (19/9/2017) ratusan siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 4 menulis surat untuk Joko Widodo Presiden Republik Indonesia.

“Kami hadirkan kawan-kawan PT Pos Indonesia untuk menerima surat yang memang dikirim anak-anak ini melalui layanan kantor pos yang nantinya ditujukan untuk bapak presiden RI,” kata Edy.

Ratu Salsabila siswi kelas 5 mengaku senang bisa membantu penderitaan umat muslim Rohingya, sekaligus bisa bersurat buat Presiden RI.

“Sesama umat manusia wajib membantu. Seneng bisa ngucapin terimakasih ke Bapak Presiden karena sudah menyampaikan bantuan kita buat umat muslim Rohingya,” ujar Ratu.

Satu unit mobil layanan pos memang sudah disiapkan untuk siswa mengirimkan surat ucapan terimakasih kepada Presiden RI di lapangan SD Muhammadiyah 4 Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs