Sabtu, 18 Mei 2024

Gempa 4,2 SR Terjadi di Utara Lamongan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Foto: shoonya.in

Terjadi gempa bumi dengan kekuatan 4,2 skala richter (SR) di bagian utara sekitar Gresik-Lamongan, Minggu (23/7/2017) malam.

Bagus Petugas Kantor BMKG Tretes mengatakan, catatan BMKG Tretes gempa pertama terjadi sekitar pukul 19.28 WIB berpusat sekitar 35 kilometer timur laut Lamongan.

“Lalu tercatat juga, gempa susulan sekitar 3,2 SR pukul 19.43 WIB dengan pusat gempat di tempat yang sama,” katanya kepada Radio Suara Surabaya.

BMKG Tretes menerima laporan, beberapa warga di sekitar Tuban, Gresik, dan Lamongan merasakan getaran gempa yang terjadi tadi. “Warga merasakan gempa ini antara dua sampai 3 MMI,” ujarnya.

Gempa dengan kekuatan dua (II) MMI (Modified Mercalli Intensity) menurut keterangan laman BMKG, akan menimbulkan getaran yang akan dirasakan oleh beberapa orang, serta benda-benda ringan yang digantung bisa bergoyang.

Sedangkan Skala tiga (III) MMI, getaran akan dirasakan secara nyata di dalam rumah. Getaran ini akan terasa seperti ketika ada truk yang berlalu di sekitar rumah warga.

Bagus memastikan, Lamongan memang bukan daerah yang steril dari gempa. Beberapa kali, seperti pada 2015 silam, gempa pernah terjadi di sekitar Lamongan.

“Ya, ini memang terindikasi akibat Sesar Kendeng. Karena dia (patahan sesar kendeng) memanjang dari Bojonegoro-Cepu, dan sebagian meluas sampai ke Pati, Jawa Tengah. Tapi untuk memastikannya, perlu kajian lebih lanjut,” katanya.

Perlu diketahui, Sesar Kendeng merupakan patahan yang melintang sejauh 300 kilometer dari selatan Semarang, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur yang berdasarkan riset terbaru 2016 lalu terbukti aktif.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs