Kamis, 16 Mei 2024

Gempa 6 SR Guncang Boalemo, Masyarakat Panik

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan kalau BMKG telah melaporkan gempabumi denga kekuatan 6 SR dengan pusat gempa di laut di Teluk Tomini dikedalaman 100km pada 40 km baratdaya Boalemo atau 49 km tenggara Pahuwoto Provinsi Gorontalo pada Sabtu (15/7/2017) pukul 19.12 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Menurut Sutopo, posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa dan melakukan analisis. Guncangan gempa dirasakan di beberapa tempat,dan terasa kuat di Kabupaten Boalemo, selama 3-5 detik.

“Warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Belum ada laporan terkait dampak,” ujar Sutopo dalam pesan singkatnya, Sabtu (15/7/2017).

Kata dia, Gempa jugaterasa kuat di Kabupaten Gorontalo Utara sekitar 7 detik, warga sempat panik. Masyarakat merespon gempa dengan berlari keluar rumah. Belum ada laporan terkait dampak.

Selain itu, juga terasa kuat di Kabupaten Pohuwato selama 3-5 detik, di Kota Gorontalo selama 3 detik.

Menurut Sutopo, berdasarkan analisis peta gempa dirasakan gempa memiliki intensitas II SIG BMKG (IV MMI) di Bone Bolango, Kota Gorontalo, dan Kab.Gorontalo, II SIG BMKG (III-IV MMI) di Manado dan Tondano.

“Artinya berintensitas ringan hingga sedang. Begitu pula di beberapa daerah seperti di Buol berintensitas II SIG BMKG (IV MMI), II SIG BMKG (III-IV MMI) di Tolitoli,II SIG BMKG (III MMI) di Luwuk,” ujar Sutopo.

Kata dia, gempa diperkirakan tidak menimbulkan kerusakan yang masif. Umumnya dampak gempa merusak jika memiliki intensitas di atas VI MMI (kuat).

Sutopo menjelaskan, gempa terjadi 6.0 skala richter diperkirakan termasuk kedalam gempa bumi Menengah (100km). Gempa ini kemungkinan disebabkan oleh sesar aktif Gorontalo, khususnya segmen sesar Gorontalo yang terdapat di laut.

Sesar Gorontalo merupakan struktur sesar yang berarah tenggara-barat laut yang melintasi Kota Gorontalo dan memotong lengan utara Sulawesi, hingga menghubungkan laut Sulawesi dan perairan Teluk Tomini.(faz)‎

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
31o
Kurs