Sabtu, 18 Mei 2024

Golden Jubilee Peringati 50 tahun Jurusan Arsitektur UK Petra

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara aktivitas mahasiswa Arsitektur UK Petra Surabaya. Foto: wovgo.com

Tahun 2017 ini, Program Studi Arsitektur Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, genap berusia 50 tahun. Sederet aktivitas digelar dalam rangka peringatan 50 tahun itu, dalam: Golden Jubilee.

Memilih tema: Karya dan Karsa Untuk Nusa Tercinta menurut Timoticin Kwanda B.Sc., MRP., Ph.D., perayaan ini sebagai bentuk pernyataan komitmen pendidikan Arsitektur UK Petra secara konsisten berkarya bagi Indonesia.

“Dan kami ingin menyampaikan itu kepada masyarakat luas. Kami ingin menunjukkan karya serta kiprah kami selama 50 tahun yang sudah berjalan,” terang Timoticin yang bertindak sebagai Ketua Panitia Golden Jubilee.

Dengan tekad yang kuat serta keinginan mempersiapkaninsinyur-insinyur bagi pembangunan di Surabaya kala itu, maka di tahun 1967 UK Petra akhirnya mendirikan jurusan Arsitektur. Dan merupakan jurusan Arsitektur pertama kali di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Surabaya.

Jurusan Arsitektur UK Petra juga merupakan pioneer penerapan sistem kuliah studio dan mendirikan laboratorium sains untuk percobaan langit buatan. Selanjutnya secara berkala dan teratur jurusan Arsitektur gelar seminar untuk diseminasi keilmuannya pada masyarakat luas hingga saat ini.

Dan oleh karena itu, dalam rangka Golden Jubilee selam asekurangnya 9 hari mulai dari 27 Februari 2017 hingga 7 Maret 2017 sejumlah kegiatan digelar di kampus UK Petra Surabaya, dan terbuka bagi masyarakat serta mahasiswa.

Petra Architecture Week digelar mulai 27 Februari sampai 4 Maret 2017 menampilkan sketsa dan karya fotografi di selasar Gedung P lantai 1.

“Pameran dan kompetisi nasional Urban Sketch, pameran kompetisi Geest Van De Architectuur (fotografi), pameran kompetisi desain internasional (Architecture Festival), sharing karya, art performance hingga penjualan buku karya alumni,” terang Timoticin.

Urban Sketch Fair menampilkan 50 karya terbaik para siswa SMA dan Mahasiswa seluruh Indonesia dengan tema Sacred Architecture.

“Anak muda saat ini kurang memahami dan menghargai nilai-nilai yang ada di bangunan arsitektural sekitar terutama nilai-nilai spiritualitasnya. Baik itu tempat ibadah maupun candi-candi yang ada di Indonesia, dan pamerna kami gelar guna mengingatkan itu,” kata Mutiara Nindita Ketua Urban Sketch Fair 2017.

Sedangkan Architecture Tour pada perhelatan istimewa kali ini digelar studi ekskursi dengan melakukan perjalanan dan kunjungan Karimun Jawa. Peserta, alumni hingga dosen Program Studi Arsitektur UK Petra dijadwalkan mengikuti kegiatan ini pada 5 Maret hingga 7 Maret 2017.

Dan bagi masyarakat yang gemar membaca dan ingin tahu bagaimana sepak terjang jurusan Arsitektur UK Petra Surabaya di usia 50 tahun, penjualan buku karya fenomenal para alumni Arsitektur UK Petra, juga hadir di Golden Jubilee.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs