Rabu, 24 April 2024

Gubernur Jatim Jamin Hari Buruh Aman dan Tertib

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi. Buruh saat memperingati Hari Buruh atau May Day di depan Grahadi Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengatakan, Pemprov Jatim akan memfasilitasi peringatan Hari Buruh pada 1 Mei 2017.

Pembicaraan dengan berbagai elemen buruh sudah dilakukan untuk merumuskan perayaan Hari Buruh atau May Day nanti.

Tanggal 28 April 2017 akan diadakan pertemuan lagi di Mapolda Jatim untuk mengkoordinasikan kegiatan yang akan diadakan pada peringatan Hari Buruh nanti .

Selain itu juga akan dibahas persoalan buruh yang belum selesai termasuk sistem pengupahan yang tidak sesuai dengan aturan.

Gubernur berharap melalui pertemuan di Mapolda Jatim, ganjalan itu bisa diselesaikan dengan baik tanpa gaduh.

Pada suarasurabaya.net di Jakarta, Pakde Karwo menyampaikan tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan peringatan Hari Buruh yang akan diikuti ribuan pekerja.

Pimpinan elemen buruh di Jatim telah memberi jaminan kepada Pakde Karwo, peringatan Hari Buruh berlangsung tertib dan mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut bergembira pada Hari Buruh yang diperingati di seluruh dunia.

“Puncak peringatan Hari Buruh di Jatim akan diselenggarakan di Jalan Pahlawan dengan diisi panggung hiburan dan tumpengan,” kata Gubernur Jatim.

Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) menyerukan kepada seluruh elemen buruh agar perayaan Hari Buruh dilakukan dengan damai.

“Rayakan Hari Buruh dengan tetap menjaga ketertiban. Jangan ada sweeping,” kata Andi Gani Nena Wea Presiden KSPSI di Jakarta.

Pucak Hari Buruh di Jakarta akan menyelenggarakan aksi damai di depan Istana Merdeka.

Pada aksi hari itu, buruh akan menyampaikan empat tuntutan. Pemerintah diminta agar memperbaiki sistem upah untuk buruh agar mencapai upah layak. Pemerintah diminta menindak setiap upaya pemberangusan serikat pekerja.

Buruh meminta perbaikan jaminan sosial dan segera menyelesaikan masalah buruh PT Freeport Indonesia yang terkena dampak PHK. (jos/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs