Minggu, 28 April 2024

Guru Agama Bertugas Menjaga Keberagaman Beragama

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kongres ke-3 Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) yang digelar di JX International Surabaya, Sabtu (2/12/2017). Foto: Totok suarasurabaya.net

Menjaga kerukunan umat beragama di dalam kerangka berpikir keberagaman beragama di negeri ini adalah tugas setiap umat. Termasuk tugas Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII).

“Meskipun umat muslim jumlahnya besar, tetapi untuk menjaga kerukunan beragama dalam kerangka berpikir keberagaman umat, maka tugas itu adalah bagi semua umat. Juga bagi asosiasi guru pendidikan agama Islam Indonesia,” terang Lukman Hakim Sarifudin Menteri Agama.

Ketika keberagaman itu diusik, lanjut Lukman Hakim, maka secara keseluruhan menjadi tanggung jawab seluruh umat beragama untuk ikut mengamankan serta menjaga keberagaman itu sendiri.

“Oleh karena itu tugas para guru dan pendidik dalam AGPAII ini untuk ikut serta meletakkan nilai-nilai moral yang menjaga keberagaman itu kepada generasi muda. Ini tugas bersama,” lanjut Lukman.

Kongres ke-3 APAII yang digelar di JX International Surabaya, Sabtu (2/12/2017) diresmikan Lukman Hakim Sarifuddin Menteri Agama Republik Indonesia, didampingi Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur bersama pengurus AGPAII seluruh Indonesia.

Pada kongres kali ini juga dibahas sederet persoalan yang masih menjadi pembahasan diantaranya terkait kesejahteraan guru tidak tetap yang membutuhkan solusi guna memperlancar tugas-tugasnya sebagai guru pendidikan agama Islam.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs