Jumat, 26 April 2024

HUT ke 72 RI, Kampung Bendera Banjir Order Bendera Merah Putih

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kampung bendera dikawasan Darmo Rejo banjir order dari luar pulau Jawa. Foto: Totok suarasurabaya.net

Kebutuhan bendera merah putih selalu meningkat memasuki bulan Agustus. Pengrajin bendera seperti di Kampung Bendera, Darmo Rejo Surabaya, mengaku kebanjiran order. Khususnya bendera merah putih dari dalam kota Surabaya maupun dari luar pulau Jawa.

Pesanan terbanyak, diakui sejumlah pengrajin, masih tetap bendera konvensional merah putih dengan berbagai ukuran. Ukuran terkecil, yang biasa diikatkan pada spion sepeda motor, hingga yang terbesar yang biasa dikibarkan di kantor-kantor instansi pemerintah.

“Yang paling banyak diorder memang bendera merah putih biasa. Maksudnya bendera biasa, dengan ukuran kecil sampai yang besar. Dari dalam kota sendiri lumayan besar orderannya. Termasuk orderan dari luar pulau juga lumayan besar,” kata Alfian pengrajin bendera, Rabu (9/8/2017).

Alfian sudah sekitar 20 tahun lebih menjadi penjahit, sekaligus pengrajin bendera. Pada hari biasa diluar bulan Agustus, Alfian mengaku menekuni pekerjaannya sebagai penjahit pakaian. “Tapi kalau mendekati bulan Agustus, pindah jadi pengrajin bendera,” kata Alfian.

Tahun ini, Alfian menerima order membuat bendera merah putih berbagai ukuran dari Papua, Banjarmasin, Makassar sampai Medan. Sedangkan order dari Surabaya biasanya memang selain distributor bendera juga dari instansi pemerintah.

“Kalau yang orderan dari luar pulau, sekarang ini sudah hampir terlayani semua, sudah dikirim maksudnya. Tinggal memenuhi order dari dalam kota Surabaya sendiri. Ada yang dipesan distributor untuk dijual kembali, tapi ada juga order dari instansi pemerintah,” jelas Alfian.

Senada dengannya, Sri Maryati warga Darmo Rejo, Darmo Kali Surabaya, yang juga memiliki usaha membuat bendera merah putih, membenarkan bahwa pesanan dari luar pulau Jawa dan dari dalam kota Surabaya lumayan besar.

“Saya harus lempar jahitannya ke teman penjahit lainnya. Untuk memenuhi order dari luar Jawa. Kalau dikerjakan sendiri nggak nututi Mas. Makanya saya lemparkan ke teman-teman yang memang masih belum dapat orderan,” terang Sri Maryati.

Dengan harga jual mulai dari 7 ribu sampai dengan diatas 100 ribu untuk selembar bendera merah putih, para pengrajin bendera di Kampung Bendera, Surabaya tahun ini dalam rangka HUT ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia, melayani orderan dari Surabaya hingga luar Jawa.(tok/den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs