Kamis, 9 Mei 2024

Hanako Bahagia Lancar Berbahasa Indonesia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Berasal dari Okinawa, Jepang, tidak membuat Hanako Teruya, istri Hartono Salim, pengusaha asal Kota Surabaya, kesulitan mempelajari bahasa Indonesia. Ibu tiga anak ini sudah 21 tahun tinggal di Indonesia, sehingga lancar berbahasa Indonesia.

“Kalau lewat di depan orang biasanya saya bilang `Monggo… monggo….`” kata Hanako dalam Potret Bahasa, program Radio Suara Surabaya untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Menurut Hanako, orang yang hidup di Indonesia harus menggunakan Bahasa Indonesia. “Saya hidup di Indonesia dan anak-anak saya juga akan hidup di Indonesia. Kami berbahasa Indonesia untuk bersosialisasi di lingkungan kita. Hidupnya akan lebih bahagia kalau bisa berbahasa Indonesia,” ujarnya.

Sehari-hari, Hanako menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan teman-temannya, termasuk dengan asisten rumah tangganya. Bahkan seringkali Hanako dikira orang Indonesia asli, bukan orang Jepang. “Mungkin karena saya berasal dari Jepang selatan, jadi wajah saya agak tebal, mirip orang Jawa,” kata dia.

Hillary putri kedua Hanako mengakui, sebagai keluarga multikultur, selain berbahasa Indonesia, mereka juga menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

“Setelah ini aku kan meneruskan perusahaan papa di Indonesia. Jadi bahasa Indonesia penting,” kata Hillary.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
29o
Kurs