Minggu, 3 Juli 2022

Hari Pahlawan, Pamerkan Lukisan Batik Kota Pahlawan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Para siswa-siswi menyaksikan beberapa lukisan batik bertema Surabaya Kota Pahlawan karya siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Foto: totok suarasurabaya.net

Masih dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan 10 November, SMA Muhammadiyah 2 gelar pameran lukisan batik bertema Surabaya Kota Pahlawan.

Menampilkan lebih dari 20 lukisan batik, siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, memperingati Hari Pahlawan 10 November. Lukisan batik yang dipamerkan bertema Surabaya Kota Pahlawan.

Pameran yang dijadwalkan digelar hingga Rabu (15/11/2017) mendatang itu digelar di museum Tugu Pahlawan, ditujukan untuk masyarakat umum, khususnya para pelajar di Kota Surabaya.

“Surabaya dikenal juga sebagai Kota Pahlawan. Selain dicatat sejarah pernah terjadi pertempuran hebat di Surabaya, diharapkan juga generasi muda dapat menyaksikan peninggalan sejarah dikotanya,” ujar Astadjab Kepala SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

Saat ini, kata Astadjab seiring perkembangan teknologi dan masyarakat yang terjadi, masih banyak generasi muda yang tidak perduli dengan sejarah bangsanya sendiri.

“Pameran ini juga kami hatapkan mengingatkan anak muda dan generasi bangsa termasuk para pelajar agar masih mengenali sejarah bangsanya, termasuk peninggalan sejarah kotanya,” ujar Astadjab.

Sementara itu, lukisan batik dipilih sebagai media pameran ditegaskan Astadjab juga sebagai sarana mengingatkan pelajar untuk mengenali dan menjaga kelestarian batik.

“Batik yang jadi satu diantara warisan budaya nusantara harus dijaga kelestariannya. Dan kepada siswa memang kami ajarkan membatik, sebagai sarana memperkenalkan dan nantinya untuk menjaga kelestarian batik,” kata Astadjab.

Pameran lukisan batik bertema Surabaya Kota Pahlawan digelar untuk memberikan ruang apresiasi bagi siswa dalam melestarikan batik serta nilai kepahlawanan.(tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 3 Juli 2022
25o
Kurs