Senin, 27 Mei 2024

Hidayatullah Gelar Jamnas I Pandu Hidayatullah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Jambore Nasional I Pandu Hidayatullah di Coban Rondo, Malang. Foto: Humas Hidayatullah.

Dewan Pimpinan Pusat Hidayatullah melalui Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah gelar Jambore Nasional I Pandu Hidayatullah, di Bumi Perkemahan Coban Rondo, Batu, Malang, bertema: Sukses Kaderisasi Melalui Pandu Hidayatullah.

Diikuti 1500 siswa tingkat SD, SMP, SMA lembaga pendidikan Hidayatullah se Indonesia ini dijadwalkan berlangsung mulai 14 Pebruari 2017 sampai dengan 18 Pebruari 2017.

DR. Nashirul Haq, Lc, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Hidayatullah, membuka perhelatan nasional ini pada Rabu (15/2/2017), menyampaikan sebagai kader Hidayatullah, para santri harus memiliki karakter spiritual yang baik, kemandirian, ketangguhan dan keterampilan, serta rasa persaudaraan yang tinggi.

“Sesuai dengan maksud diadakannya pandu Hidayatullah I ini, seorang santri harus memiliki kualitas ketakwaan, ketaatan, dan kesabaran yang tinggi dalam rangka menumbuhkan semangat juang dalam diri,” kata Nashirul.

Sementara itu disampaikan Amun Rowie Ketua Dewan Pendidikan Dasar dan Menengah DPP Hidayatullah, bahwa acara Jambore Nasional I ini menjadi cikal bakal untuk selanjutnya diadakan kegiatan serupa ditahun mendataang.

“Kami mengumpulkan seluruh elemen lembaga pendidikan di Hidayatullah secara nasional mulai SD, SMP, dan SMA, dan diharapkan seluruh kegiatan berjalan lancar. Khusus Pandu Bela Negara kami mengundang dari TNI sebagai instruktur,” ujar Amun Rowie.

Meskipun kegiatan diadakan di alam terbuka, kegiatan spiritual menjadi kegiatan unggulan dalam pandu ini. Sholat lima waktu sangat dijaga. Termasuk sholat sunnah lainnya. Hal itu sesuai dengan ruh Hidayatullah sebagai lembaga dakwah Islam.

Renata Mahardika, satu diantara peserta Jambore Nasional Pandu asal Surabaya mengatakan tertantang dengan kegiatan pandu ini. Selain karena bertemu dengan santri dari lembaga pendidikan Hidayatullah dari berbagai daerah, kegiatan inti pandu sangat menantang.(tok/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
27o
Kurs