Rabu, 8 Mei 2024

Hujan Lebat Tumbangkan Sejumlah Pohon di Malang

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Hujan lebat disertai angin yang mengguyur wilayah Kota Malang sepanjang Selasa (14/11/2017) siang hingga petang menumbangkan sejumlah pohon di beberapa kawasan di kota itu, seperti di Jalan Mayjen Sungkono dan Jalan Kawi.

“Masyarakat harus waspada terhadap pergantian musim seperti saat ini. Kami mengimbau agar warga mewaspadai berbagai bencana alam seiring datangnya musim hujan, seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, dan pohon tumbang,” kata J Hartono Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang di sela pembersihan pohon tumbang di kawasan jalan Mayjen Sungkono Kota Malang, Jawa Timur, Selasa malam.

Ia mengemukakan pada hari ini ada dua kejadian pohon tumbang hampir bersamaan. Oleh karenanya, warga termasuk para pengguna jalan untuk selalu waspada, sebab pohon tumbang terjadi sewaktu-waktu dan dimana saja, terutama di jalan-jalan protokol, dimana banyak pohon berusia tua.

Selain mewaspadai pohon tumbang, katanya, warga juga ekstra waspada terhadap tanah longsor dan banjir. Apalagi, banyak permukiman di Kota Malang yang berada di kawasan daerah aliran sungai (DAS) serta berada di bawah pelengsengan yang rawan ambrol seperti yang menimpa kawasan perumahan Joyogrand Inside.

Bencana, lanjutnya, merupakan kejadian yang tidak terduga, bahkan di luar terperkirakan. “Langkah antisipasi, termasuk membangun kesadaran untuk ramah lingkungan harus kita tumbuhkan terus menerus. Jangan lelah mengajak warga untuk menjaga lingkungan agar tidak sampai menimbulkan bencana,” ujarnya.

Akibat tumbangnya pohon di Jalan Mayjen Sungkono dan Jalan Kawi tersebut, masih belum bisa diperkirakan angka kerugiannya. “Kami belum bisa mengkalkulasi, namun tidak ada korban, baik luka-luka maupun meninggal,” katanya.

Sementara itu, Moch Anton Wali Kota Malang minta petugas untuk memaksimalkan siaga bencana di tengah curah hujan yang cukup tinggi dan disertai angin.

“Titik bencana atau potensi bencana yang terjadi di tahun lalu, saya minta untuk terus dimonitor, termasuk titik titik rawan lainnya,” katanya seperti dilansir Antara.

Sejumlah titik yang rawan bencana banjir di antaranya di Jalan Galunggung dan Bondowoso, sepanjang DAS Brantas dan Kali Metro serta Kali Bango. Sedangkan kejadian tanah longsor juga sering menimpa rumah-rumah warga yang berada di kawasan DAS Brantas, bahkan di lingkungan perumahan seperti yang terjadi di Perumahan Joyogrand Inside.

Tanah longsor di kawasan Perumahan Joyogrand Inside akibat pelengsengan yang tidak mampu menahan derasnya aliran air yang akhirnya ambrol dan menimpa belakang sejumlah rumah di perumahan tersebut. Akibat kejadian tersebut seorang mahaiswi Universitas Brawijaya meninggal karena tertimbun longsor dan satu orang lainnya mengalami luka-luka.(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
25o
Kurs