Jumat, 29 Maret 2024

Ikatan Istri Anggota DPR Golkar Minta Pemerintah Lebih Peduli ke Veteran

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ikatan Istri Fraksi Partai Golkar (IIFPG). Foto: istimewa

Ikatan Istri Fraksi Partai Golkar (IIFPG) menunjukkan kepeduliannya terhadap para pejuang kemerdekaan. Bertempat di Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/3/2017), para istri anggota DPR dari Golkar menggelar bakti sosial untuk para veteran perang kemerdekaan.

Loemungga Gumiwang Ketua Umum IIFPG mengatakan, hampir setiap daerah di Indonesia punya pejuang kemerdekaan. Bandung pun punya tokoh pejuang bernama Mohammad Toha.

Istri Agus Gumiwang Kartasasmita itu menjelaskan, Mohammad Toha merupakan sosok heroik dalam peristiwa Bandung Lautan Api pada 24 Maret 1946.

“Surabaya mempunyai Bung Tomo. Bandung tidak kalah, punya sosok Pahlawan yang sangat heroik, Pemuda yang baru saja menginjak usia 19 tahun kala itu, Mohammad Toha berhasil mengobarkan semangat perlawanan yang kita kenang sampai saat ini,” ujar Loemungga.‎

Loemungga menegaskan, jasa pahlawan bukan sekadar untuk dikenang. Sebab, semangat perjuangan para pahlawan itulah yang harus diteladani untuk konteks perjuangan saat ini.

“Dalam konteks kekinian, banyak hal yang dapat dilakukan pelajar dan pemuda Indonesia dalam mengisi kemerdekaan. Pelajar dan pemuda saat ini selain mempunyai tugas utama dalam mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi, mereka juga harus mempunyai semangat dan idealisme seorang pahlawan dalam meningkatkan kemandirian dan menjaga martabat bangsa,” kata dia.

Sedangkan untuk menghormati para pejuang Bandung Lautan Api, IIFPG menggelar bakti sosial bagi sekitar 140 veteran. Mereka adalah anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bandung.

Dalam bakti sosial itu IIFPG menyerahkan bantuan berupa uang kadeudeuh bagi para anggota LVRI Bandung. Secara simbolis, bantuan diserahkan langsung oleh Loemungga kepada Setia Syamsi Ketua LVRI Bandung.

Loemungga juga mengharapkan adanya kepedulian ekstra dari pemerintah untuk para veteran Bandung Lautan Api.

“Hendaknya Pemerintah baik pusat ataupun daerah dapat memberikan perhatian khusus kepada mereka,” kata dia.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs