Selasa, 7 Mei 2024

Indonesia-Singapura Terbitkan Prangko Tandai 50 Tahun Hubungan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Republik Indonesia dan Singapura menerbitkan seri prangko bersama guna menandai 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Prangko itu diluncurkan bersamaan di Jakarta (Indonesia) dan Singapura, Kamis (7/9/2017) tepat 50 tahun sejak penandatanganan Joint Communique oleh Adam Malik Menteri Luar Negeri Indonesia dan S Rajaratnam Menteri Luar Negeri Singapura pada 7 September 1967.

Di Jakarta, Ahmad M Ramli Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Perwakilan Kedutaan Besar Singapura di Indonesia, Jonathan Han Deputy Chief of Mission, meluncurkan prangko itu di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sementara di Singapura, peluncuran prangko ditandai dengan penandatanganan Sampul Hari Pertama oleh Jokowi Presiden RI dan Lee Hsien Loong Perdana Menteri Singapura di Istana Kepresidenan.

Ahmad M Rammli mengatakan peluncuran prangko itu menandai semangat keduanya dalam mengembangkan kerja sama antara kedua negara yang bertetangga dekat.

Jonathan Han Deputi Chief of Mission mengatakan penerbitan perangko bersama tersebut juga menandai kedekatan kedua negara.

Tema prangko bersama Indonesia dan Singapura adalah kehidupan bawah laut dengan terumbu karangnya.

Prangko diterbitkan dalam dua desain dengan nominal masing-masing Rp5.000. Prangko ditampilkan dalam format lembar penuh dengan komposisi 12 keping per lembar (6 set prangko) dan dicetak 360.000 set.

Selain itu prangko juga ditampilkan dalam format Carik Kenangan dengan nominal Rp20.000, yang dicetak 8.888 set.

Menyertai penerbitan prangko ini diterbitkan pula Sampul Hari Pertama sebanyak 2.000 set dengan harga Rp15.000. Prangko dicetak oleh Perum PERURI dan dirancang oleh PosKreatif.

Indonesia dan Singapura pernah menerbitkan prangko bersama tahun 2009 dengan tema atraksi pariwisata.

Perayaan 50 tahun hubungan diplomatik bertajuk “Rising 50” dengan tema kemitraan terpercaya dan tumbuh bersama.

Perayaan kali ini diharapkan dapat mengikat kedua negara bersahabat dalam sejarah, seni dan bidang lain. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
33o
Kurs