Kamis, 28 Maret 2024

Industri Alas Kaki Indonesia Terbesar Kelima Dunia

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Indonesia merupakan produsen sepatu dan alas kaki terbesar kelima di dunia, yang mencatatkan laju pertumbuhan mencapai 8,15 persen sepanjang tahun lalu, kata Achmad Sigit Dwiwahjono Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian.

“Negara kita dikenal sebagai produsen sepatu dan alas kaki kelas dunia, yaitu urutan kelima setelah China, India, Vietnam dan Brasil,” katanya dalam lokakarya kebijakan industri di Surabaya, Jawa Timur seperti dilansir Antara.

Sigit mengatakan, laju pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan industri non migas sejumlah 4,42 persen pada tahun lalu.

Sementara untuk ekspor, sektor ini juga naik sebesar 2,95 persen dengan total surplus 4,15 miliar dolar AS. Industri yang masuk dalam industri prioritas dan andalan 2015-2035 itu, telah menyerap sekitar 700.000 tenaga kerja.

“Semakin terbukanya sistem perdagangan, maka langkah yang harus dilakukan adalah meningkatkan daya saing,” ujar Sigit.

Kemenperin saat ini tengah mendorong lahirnya sejumlah merek lokal dari produk-produk yang memiliki daya saing global hasil olah industri kecil dan menengah (IKM) nasional, yang salah satunya adalah produk alas kaki itu.

“Kemenperin memiliki Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI), yang merupakan satuan kerja Direktorat Jenderal IKM, berperan dalam peningkatan standar kompetensi sumber daya manusia industri, penumbuhan wirausaha baru dan mendorong program national branding untuk industri alas kaki,” kata Gati Wibawaningsih Dirjen IKM.

Ia mengatakan, peluang pengembangan IKM alas kaki dalam negeri cukup besar karena dalam lima tahun terakhir terjadi peningkatan konsumsi per kapita masyarakat Indonesia terhadap alas kaki yang semula hanya dua pasang menjadi lebih dari tiga pasang per tahun.

“Di masa mendatang, kami proyeksikan konsumsi alas kaki semakin naik seiring pertumbuhan penduduk dan daya beli masyarakat yang meningkat,” ungkapnya. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs