Sabtu, 18 Mei 2024

Ini Sebab Baterai Samsung Galaxy Note 7 Picu Ledakan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Samsung Electronics Co Ltd mengumumkan hasil penyelidikan penyebab terbakarnya Galaxy Note 7, Senin (23/1/2017).

Baterai lithium-ion yang digunakan untuk ponsel Samsung Galaxy Note 7 menjadi penyebab utama handset tersebut terbakar, sehingga perusahaan asal Korea Selatan itu harus menarik perangkat tersebut skala global.

“Kami benar-benar minta maaf untuk ketidaknyamanan ini,” kata Koh Dong-jin Kepala Bisnis Mobile Samsung saat konferensi pers di Seoul, Senin (23/1/2017) waktu setempat seperti dilansir Antara.

Samsung Electronics menjelaskan mereka telah menguji coba 10 ribu perangkat dan baterai untuk mengetahui penyebab kerusakan, baik perangkat lunak maupun perangkat keras.

Dilansir dari laman The Guardian, casing baterai asli ponsel tersebut terlalu kecil sehingga menyebabkan konsleting lalu terbakar.

Baterai itu lalu diganti, buatan pabrik yang berbeda, tapi, tetap terbakar.

Samsung melibatkan 700 insinyur dan peneliti untuk mengetes lebih dari 20 ribu Galaxy Note yang sudah dirakit sempurna dan lebih dari 300ribu baterai.

Masalah utama di baterai lithium-ion yang digunakan di Note 7 keluaran pertama berasal dari struktur dalam, yaitu susunan elektroda positif dan negatif. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
26o
Kurs