Jumat, 29 Maret 2024

Istana Gelar Rangkaian Acara Peringatan Nuzulul Quran

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Ada yang berbeda dalam Peringatan Nuzulul Quran 1438 Hijriah di Istana Kepresidenan Jakarta kali ini. Peringatan akan dirayakan lebih semarak dan sejumlah rangkaian dalam memperingati turunnya kitab suci umat Islam itu akan dimulai sejak Senin (12/6/2017) pagi.

Rangkaian acara dimulai pada pukul 11.00 WIB dimana akan dilaksanakan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang diikuti oleh anak-anak yatim piatu dari panti asuhan di Jabodetabek. Juri dari lomba ini adalah mereka yang biasa bertugas pada MTQ nasional sehingga kriteria penilaian pun akan seperti MTQ nasional. Lomba ini akan digelar di Istana Negara.

Siang harinya, Presiden Joko Widodo akan menerima para tokoh ulama dan para Qori dan Qoriah tingkat nasional dan internasional di Istana Merdeka.

Pada pukul 15.00 WIB, pelaksanaan lomba MTQ selesai. Masih di Istana Negara, pukul 15.30 WIB, khotmul Quran oleh Qori dan Qoriah tingkat nasional dan tingkat intenasional. Jelang saat berbuka puasa, Presiden dijadwalkan akan menyaksikan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba MTQ oleh Menteri Sekretaris Negara. Sebelumnya, khotmul Quran selesai dan diakhiri dengan doa khotmul Quran.

Selepas salat Magrib berjamaah, Presiden bersama Qori dan Qoriah, Tokoh Ulama, peseta lomba MTQ serta undangan lainnya akan santap malam besama.

Presiden besama Qori dan Qoriah tingkat intenasional, anak-anak yatim piatu serta perwakilan Pondok Pesantren dan pengurus Masjid akan melakukan prosesi arak-arakan menuju Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan untuk menunaikan ibadah salat Isya dan Tarawih.

Setelah pelaksanaan shalat Tarawih selesai, Presiden Jokowi kemudian akan menghadiri Puncak Peringatan Nuzulul Quran 1438 Hijriah di Istana Negara yang dimulai pada pukul 20.00 WIB. (jos/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs