Senin, 6 Mei 2024

Jateng Gunakan Aplikasi Untuk Memantau Harga Komoditi

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Aplikasi SiHati. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng mengatakan aplikasi Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (SiHati) yang sudah lebih dari satu tahun diterapkan di Jawa Tengah cukup efektif untuk memantau perkembangan harga di provinsi itu.

“Itu (SiHati, red.) alat paling efektif, dengan menggunakan teknologi. Kalau enggak, kita mesti turun satu per satu dan itu impossible untuk hari sekarang,” katanya usai memberi materi dalam Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia 2017 di Jakarta, Senin (20/11/2017), seperti dikutip Antara.

Kata Ganjar, jika semua kepala dinas atau minimal para kepala pasar induk dari setiap kabupaten/kota dapat menyajikan harga-harga kebutuhan masyarakat, sehingga bisa melakukan evaluasi tiap hari.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan bahwa aplikasi “Sihati” akan dipakai secara nasional.

“Gubernur Aceh pernah bicara sama saya. Itu tinggal panggil BI saja, nanti kami kirimkan software-nya dari Jawa Tengah, bisa dipakai,” katanya.

Ia mengatakan provinsi lain yang hendak menggunakan aplikasi “Sihati” tinggal mengganti nama-nama yang akan dimunculkan.

Selain itu, kondisi komoditas di setiap daerah relatif sama sedangkan yang berbeda hanyalah harganya.

Dalam hal ini, dia mencontohkan harga cabai di satu daerah biasanya berbeda dengan daerah lain.

“Harganya di situ berapa, di sini berapa. Hanya mencatat sesederhana itu saja, tinggal diganti saja nama-nama yang mau diberikan,” katanya.

Ganjar mempersilakan daerah lain untuk menggunakan aplikasi “Sihati”` jika merasa perlu.

“Kalau saya perlu banget karena wilayah saya lumayan gede yang bisa diberikan,” tegasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan dengan adanya aplikasi “Sihati”, pihaknya bisa mengetahui harga-harga komoditas yang sudah masuk kategori merah (mengalami lonjakan harga cukup tinggi, red.) sehingga harus segera ada intervensi dari negara.

Sementara saat memberikan materi, Ganjar mengatakan pihaknya telah meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Jawa Tengah untuk melaporkan perkembangan harga komoditas setiap hari.

Ia mengharapkan dengan adanya laporan tersebut, dapat terpantau apa saja yang akan terjadi dan kemudian disosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai macam media.

Menurut dia, aplikasi “Sihati” selain untuk memantau perkembangan harga juga dapat digunakan untuk “virtual meeting” dalam rangka pengendalian harga.(ant/ang/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs