Kamis, 25 April 2024

Jawa Timur Mampu Hasilkan 680 ribu kantong Darah Per Tahun

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur saat berpartisipasi mengikuti donor darah. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Jawa Timur mampu menghasilkan sekitar 680 ribu kantong darah setiap tahunnya. Sedangkan untuk kebutuhann darah pertahun sekitar 540 ribu kantong.

“Jadi masih ada sisa sekitar 140 ribu kantong yang dikirim ke provinsi bagi masyarakat yang membutuhkan kantong darah,” kata Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur di sela-sela mengikuti donor darah dalam rangka HPN di kantor PWI Jawa Timur, Surabaya, Sabtu (11/3/2017).

Menurut dia, memberikan sumbangsih kantong darah ke orang yang membutuhkan adalah sesuatu hal yang sangat berharga, dan tidak hanya semata-mata sebagai prestasi Jawa Timur saja. Tapi lebih dari itu yakni membantu orang yang membutuhkan darah.

“Ini bisa menyambung nyawa juga. Untuk itu, saya ingin menggalakkan donor darah di Jawa Timur untuk terus ditingkatkan sekaligus ingin menjadikan Provinsi Jawa Timur menjadi pemasok yang mengirim kantong darah ke provinsi lainnya,” ujar pria yang akrab dipanggil Gus Ipul.

Dia juga mengungkapkan, Jawa Timur merupakan provinsi pendonor darah terbesar di Indonesia. Sehingga menjadikan suatu kebanggan tersendiri untuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Alhamdulillah pendonor darah 75 kali sampai 100 kali itu berasal dari Jawa Timur. Mereka-mereka ini mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden,” kata mantan politisi PDI Perjuangan era 1999-2000. (bry/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs