Kamis, 2 Mei 2024

Jelang Lebaran, Penitipan Hewan Peliharaan Mulai Full Booked

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kucing diperiksa kondisi fisik dan kesehatannya, sebelum masuk pentitipan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Menjelang Lebaran 2017, sejumlah tempat penitipan hewan di Surabaya mulai dipesan masyarakat khususnya para pecinta dan pemilik hewan kesayangan. Agar binatang kesayangan tidak terlantar.

Beberapa keluarga terlihat duduk antre di ruang bagian penerimaan pasien Rumah Sakit Hewan Jl. Setail, Surabaya. Mereka membawa serta binatang-binatang peliharaannya. Siang itu, mereka ingin menitipkan binatang kesayangannya, karena mereka akan berlibur ke luar negeri.

“Daripada tidak ada yang merawat. Soalnya pembantu kami mudik. kami titipkan di sini, dan kami berlibur bersama keluarga. Tidak mungkin bisa ngajak Milo ikut bepergian keluar negeri kan? Kami titipkan saja,” ujar Syeny warga Citra Raya.

Milo adalah nama anjing jenis Golden Retriver umur 7 tahun milik Syeny yang dititipkan di RSH Jl. Setail, selama ditinggal berlibur ke luar negeri oleh pemiliknya. “Lebih tenang kalau dititipkan di sini. Lebih terjaga,” kata Syeny.

Setelah ditimbang berat badannya, lalu diperiksa kondisi fisik dan kesehatannya, Milo diberikan tempat di bagian kandang permanen yang berada di tengah-tengah rumah sakit hewan yang berdekatan dengan tembok Kebun Binatang Surabaya itu.

Milo adalah satu di antara anjing yang dititipkan pemiliknya di Rumah Sakit Hewan Jl. Setail, selama Lebaran 2017 ini. Menempati kandang berukuran lebar 1,5 meter dan panjang hampir 3 meter, Milo diharapkan nyaman dan tenang di rumah barunya.

Sementara itu, dijelaskan drh Liang Kaspe Kepala Rumah Sakit Hewan Jl. Setail, bahwa saat ini, ditempatnya bekerja, bertepatan dengan libur Lebaran, hanya menyisakan beberapa kandang saja khusus untuk penitipan binatang.

“Kalau kandang portabel masih banyak. Tapi untuk binatang peliharaan yang lebih kecil tentunya. Kalau anjing besar seperti jenis Huskish atau Golden Retriver tidak memungkinkan ditaruh kandang portabel,” ujar Liang.

Dari sekitar 15 kandang yang disediakan untuk penitipan binatang peliharaan, sampai Selasa (20/6/2017) menyisahkan 2 kandang saja. “Kalau yang kandang portabel beberapa sudah terisi. Khusus memang untuk hewan peliharaan yang lebih kecils seperti kucing ataupun kelinci,” kata Liang.

Hewan-hewan peliharaan itu, lanjut Liang memang dititipkan. Biasanya saat menjelang Lebaran, makin banyak warga masyarakat berdatangan menitipkan hewan peliharaannya. “Kalau dititipkan, kan mereka berliburnya lebih tenang,” kata Liang.

Senada dengan itu di Klinik Pradika Rabbit di kawasan Jl. Karah, Surabaya, sejumlah kandang portabel sudah penuh terisi dengan beberapa kucing jenis Anggora dan kelinci milik warga masyarakat.

“Sepertinya memang sudah penuh. Meskipun pakai kandang portabel atau yang dibongkar pasang, kami masih tetap bisa memantau kondisi kesehatan masing-masing binatang. Kalau menjelang libur seperti Lebaran atau Natal memang banyak yang booking tempat,” papar drh. Nimas Ayu Pertiwi M.Vet, pengelola klinik.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs