Kamis, 2 Mei 2024

Jokowi Ingatkan Pramuka Agar Tidak Terjebak Rutinitas dan Monoton

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Raimuna Nasional XI di bumi perkemahan Cibubur, Senin (14/8/2017). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden menegaskan, Pramuka adalah generasi yang adaptif dengan kemajuan teknologi, generasi yang sangat kreatif dan generasi yang sangat inovatif.

Untuk itu, gerakan pramuka harus melakukan terobosan, jangan berpikir linier, jangan terjebak dalam rutinitas dan monoton.

“Kita harus mendidik adik-adik Pramuka bukan saja latihan baris berbaris, cara membangun tenda atau membuat simpul tali saja. Tapi juga harus memandu adik-adik Pramuka dengan disiplin menggunakan media sosial yang positif dan yang produktif,” ujar Jokowi saat menyampaikan pidato Pembukaan Raimuna Nasional XI di bumi perkemahan Cibubur, Senin (14/8/2017).

Menurut Presiden, gerakan Pramuka harus mengunakan cara-cara yang kreatif, kekinian, dan cara-cara yang lebih dekat dengan generasi milenial untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air di dalam diri setiap anggota gerakan Pramuka.

“Kita harus meninggalkan pendekatan-pendekatan lama, yang tidak pas digunakan untuk generasi saat ini. Contohlah rasa cinta, bangkitkan rasa bangga generasi muda pada tanah airnya. Sehingga benar-benar tertanam di dalam diri setiap anggota gerakan Pramuka,” kata Presiden.

Jokowi yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, hebat, kreatif, generasi petarung dan bukan generasi pecundang.

“Teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif, yang produktif. Orang Pramuka itu harus berani, termasuk berani melakukan inovasi. Seorang pramuka itu harus terampil, termasuk terampil dalam menggunakan teknologi secara positif,” tegas Jokowi.

Tapi yang paling penting, menurut Jokowi, seorang Pramuka Indonesia itu cinta tanah air, selalu mau menolong sesama, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Terakhir, saya juga ingin menitipkan kepada segenap anggota gerakan Pramuka di seluruh penjuru tanah air, ingatlah selalu Hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila, Hatiku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan, agar Jaya Indonesia. Jadilsah patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan NKRI,” ujar Jokowi.(faz/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs