Senin, 29 April 2024

KBS Hadirkan Feeding Time Komodo saat Libur Nasional Pilkada 2017

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Feedding time Komodo di PDTS KBS. Foto: Humas PDTS KBS

Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) kebun Binatang Surabaya (KBS) menghadirkan feeding time Komodo untuk menarik minat pengunjung pada libur nasional Pilkada Serenta, Rabu (15/2/2017).

“Kami menyediakan sekitar 140 ekor tikus putih, untuk empat kandang komodo remaja. Komodo remaja diberi pakan tikus putih untuk mengasah insting pemburuan mereka seperti di alam liar,” kata Laily Widya Arishandi Humas PDTS KBS.

Setiap kandang komodo remaja, kata Laily terdiri dari enam hingga delapan ekor Komodo. Sehingga satwa dengan nama latin Varanus komodoensis itu diberi pakan 35 ekor tikus putih tiap kandang.

“Pengunjung melihat langsung bagaimana komodo remaja mengejar mangsanya seperti di alam liar. Para komodo remaja akan bergerak cepat untuk mencari mangsanya yang bersembunyi di sela-sela pohon atau tempat lainnya,” ujar Laily.

Feeding time komodo ini berlangsung sekitar 15 menit di area masing-masing kandang. Setiap kandang terdapat perawat satwa atau keeper untuk memeriksa dan mengawasi komodo remaja yang kurang aktif bergerak.

“Jadi ketika komodo itu tidak mau makan atau malas untuk mengejar mangsanya, para perawat satwa akan mengawasi dan memeriksanya. Perawat satwa akan mengarahkan komodo untuk mendapatkan mangsanya, misalnya mendekatkan mangsanya ke komodo tersebut,” kata Laily.

Untuk makan besar komodo akan berlangsung setiap tanggal 5 dan tanggal 20 setiap bulannya. Para kadal terbesar di dunia itu akan diberi pakan daging kambing dan kepala ayam.

Sementara itu, jumlah pengunjung KBS pada libur nasional Pilkada Serentak 2017, mengalami peningkatan. Pengunjung KBS pada hari Rabu ini mencapai 7.440 pengunjung.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs