Sabtu, 20 April 2024

KJRI Houston Evakuasi WNI Terdampak Badai Harvey

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

KJRI Houston mengevakuasi beberapa WNI di Houston, Texas, menyusul banjir di wilayah ini akibat terjangan Badai Harvey.

Lalu Muhammad Iqbal dDirektur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI alam pesan singkat di Jakarta, Kamis (31/8/2017) mengatakan diperkirakan ada 120 WNI yang tempat tinggalnya tergenang air di Houston.

“Sebagian besar telah dievakuasi ke beberapa shelter setempat, gereja, masjid Indonesia, dan sebagian WNI lainnya memilih untuk mengungsi ke rumah sesama WNI yang tidak jauh dari lokasi tempat tinggal mereka,” kata Iqbal seperti dilansir Antara.

KJRI Houston juga memanfaatkan shelter di gedung KJRI untuk menampung WNI yang membutuhkan bantuan, yang hingga Rabu (30/8/2017) terdapat lima WNI ditampung di shelter ini. Mereka dalam perjalanan menuju kota lain namun terjebak badai di Texas.

Iqbal mengatakan KJRI Houston telah membentuk Satgas Penanganan WNI Bencana Badai Harvey dengan melibatkan seluruh staf KJRI dan tokoh-tokoh masyarakat untuk memberikan bantuan kepada WNI selama dan pascabadai.

“Retno Marsudi Menlu juga telah meminta agar KJRI Houston terus berkomunikasi dengan simpul-simpul WNI agar dapat memantau situasi WNI dari waktu ke waktu,” kata Iqbal.

Sementara itu, diaspora di wilayah kerja KJRI Houston berupaya menghimpun dana untuk membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan melalui Facebook lewat akun gofundme.

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa WNI,” kata Iqbal.

KJRI Houston terus memantau situasi WNI dan mengidentifikasi jika terdapat bantuan yang dibutuhkan WNI dari KJRI.

Pemerintah Texas telah mengeluarkan kebijakan evakuasi wajib dan sukarela kepada warga Houston yang wilayahnya terkena banjir dan telah mengevakuasi lebih dari 30.000 orang.

Curah hujan tinggi mencapai 40 inci dan badai masih mendera wilayah Houston dan sekitarnya.

Berdasarkan data Kemlu, jumlah WNI di seluruh Amerika Serikat adalah 65.306 orang, 9.137 WNI di antaranya tinggal di wilayah kerja KJRI Houston, termasuk Texas.

WNI yang membutuhkan informasi dan bantuan bisa menghubungi hotline 24 jam KJRI Houston +1 346-932-7284. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs