Rabu, 24 April 2024

KPK Terus Mendalami Keterangan Saksi Kasus Dugaan Korupsi Wali Kota Batu

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Filipus Djap pengusaha perhotelan tersangka pemberi suap kepada Eddy Rumpoko Wali Kota Batu, berjalan menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta Selatan. Foto: Farid/Dok. suarasurabaya.net

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mengusut kasus dugaan korupsi yang terjadi dalam proses pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kota Batu.

Sampai sekarang sudah lebih dari 15 saksi yang dimintai keterangannya oleh Penyidik KPK, sejak tiga orang termasuk Eddy Rumpoko Wali Kota Batu ditetapkan sebagai tersangka.

Hari ini, KPK memanggil Hariyono Komandan Regu Pengaman Rumah Dinas Wali Kota Batu sebagai saksi dari Eddy Rumpoko.

Febri Diansyah Juru Bicara KPK mengatakan, penyidik tengah mendalami informasi terkait pemberian dan kepemilikan mobil Toyota Alphard warna hitam yang diduga merupakan suap dari pihak swasta kepada Eddy Rumpoko.

Selain itu, hari ini KPK juga memeriksa Filipus Djap pengusaha perhotelan sebagai tersangka pemberi suap.

Seperti diketahui, KPK menetapkan Eddy Rumpoko dan Edi Setiawan sebagai tersangka penerima suap dari Filipus Djap.

Eddy Rumpoko diduga menerima suap Rp500 juta di mana Rp300 juta untuk melunasi pembelian sebuah mobil Toyota Alphard. Sedangkan Edi Setiawan mendapat jatah Rp100 juta.

KPK mensinyalir uang itu adalah komisi dari perusahaan milik Filipus Djap yang menang tender proyek pengadaan mesin meubelair di Pemkot Batu, dengan total anggaran Rp5,26 miliar.

Ketiga orang itu menjadi tersangka sesudah KPK menemukan bukti adanya indikasi suap dari operasi tangkap tangan yang dilakukan hari Sabtu (16/9/2017), di daerah Malang. (rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs