Minggu, 28 April 2024

Kapal Wisata Sawunggaling Surya Transport Untuk Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tri Rismaharini Walikota Surabaya saat mencoba kapal wisata persembahan Telkomsel untuk hari jadi ke 724 Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Satu unit kapal wisata Sawunggaling Surya Transport yang diharapkan dapat dipakai masyarakat menyusuri sungai Kalimas, dipersembahkan Telkomsel untuk Kota Surabaya sebagai kado istimewa, Rabu (31/5/2017) bertepatan dengan peringatan hari jadi ke 724 Kota Surabaya.

Kado istimewa karya anak bangsa ini diserahkan Ririn Widaryani Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, kepada Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, di Kalimas Surabaya, disaksikan Prof Dr Ir Eko B Djatmiko Msc., si pembuat kapal dari Fakultas Kelautan sekaligus ketua tim pengerjaan kapal ITS yang didukung Telkomsel.

Ririn Widaryani menyampaikan kapal wisata berkapasitas 10 orag penumpang ini diberi nama Sawunggaling Surya Transport, terinspirasi kehebatan tokoh legendaris Surabaya di masa lalu, Tumenggung Raden Mas Ngabehi Sawunggaling.

“Kehebatan tokoh Sawunggaling sebagai Adipati Surabaya di masa lalu, diharapkan, akan terus diingat oleh arek-arek Suroboyo. Itu sebabnya, kapal ini dinamakan dengan nama Sawunggaling Surya Transport. Sambil berwisata, para penumpang bisa mendapatkan cerita kehebatan tokoh legendaris Kota Surabaya,” kata Ririn.

Ririn menambakan wisata air di Kota Surabaya perlu digalakkan. Fasilitas pendukung sudah tersedia dan keindahan Kota Surabaya juga asyik dinikmati di sepanjang menyusuri sungai dengan kapal wisata maupun perahu. Ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar Surabaya.

“Selama ini, Surabaya lebih didominasi wisata belanja, wisata pendidikan dan wisata religi. Dengan dukungan Telkomsel, kami optimis, ke depan wisata air Kota Surabaya bisa menjadi jujugan wisatawan domestik maupun mancanegara, seiring dengan perbaikan fasilitas sarana dan prasarana,” tambah Ririn.

Bantuan Kapal Wisata dari Telkomsel untuk Kota Surabaya ini, jelas Ririn, melengkapi wisata air Kalimas yang sangat bersih dan tertata rapi. Kehadiran Kapal Wisata Sawunggaling Surya Transport, makin melengkapi sarana untuk berwisata.

Ide menyumbang Kapal Wisata ini, kata Ririn, sebenarnya muncul dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Saat itu, Tri Rismaharini menceritakan kalau kondisi sungai-sungai di Surabaya jauh lebih bersih dan indah dibanding tahun-tahun lalu.

Dan Wali Kota Surabaya menanyakan kontribusi Telkomsel untuk keindahan dan kebersihan sungai di Surabaya, apa ?

“Untuk wisata darat, masyarakat bisa berkeliling kota menikmati keindahan dan kebersihan Kota Surabaya dengan bus wisata. Dan kapal wisata, dapat digunakan masyarakat menikmati keindahan Kalimas. Dan ini sebagai kado hari jadi ke 724 tahun Kota Surabaya,” ungkap Ririn.

Kapal Wisata Sawunggaling Surya Transport punya beberapa kelebihan. Diantaranya menggunakan tenaga surya, dashboard touch screen serta dilengkapi beberapa sensor suhu udara, sensor PH Air. Untuk tenaga surya-nya sendiri bisa disimpan di baterai sebagai cadangan.

Kapal Wisata dibuat dari bahan fiberglass dengan total waktu pembuatan selama 6 bulan. Kapal Wisata ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 700 juta. (tok)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs