Jumat, 29 Maret 2024

Kapolda Metro Sambut Baik FUI Gelar Khataman pada 112

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan Kapolda Metro Jaya menyambut baik rencana Forum Umat Islam (FUI) menggelar khataman Al Quran pada aksi “112”.

“Kalau mau khataman Al Quran saya senang sekali,” kata Iriawan di Jakarta Kamis (9/2/2017) seperti dilansir Antara.

Iriawan memastikan pihak FUI tidak akan menggelar aksi long march pada Sabtu (11/2/2017) namun mengumpulkan massa guna membaca Al Quran dan doa bersama di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat.

Ia mengingatkan FUI harus menjaga ketertiban dan tidak ada kegiatan unjukrasa maupun kampanye usai menggelar doa bersama yang mengerahkan massa tersebut.

Mantan Kapolda Jawa Barat itu menegaskan massa yang melakukan aksi di luar kesepakatan seperti unjukrasa akan ditindaklanjuti melalui pembubaran.

“Nanti pola pembubarannya saya sudah siapkan,” tegas Iriawan.

Guna mengamankan kegiatan “112”, “122” dan “152”, Polda Metro Jaya mengerahkan 23.450 personil dan Kodam Jaya 4.700 personil jadi totalnya 28.150 personil.

Iriawan menambahkan massa FUI juga tidak diperbolehkan mengawasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 15 Februari 2017.

Sebelumnya, Habib Rizieq Syihab pemimpin Front Pembela Islam (FPI) menuturkan pelaksanaan aksi 112 akan dikonsentrasikan di Masjid Istiqlal.

Rizieq menemui Wiranto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan di rumah dinas guna memastikan kegiatan 112 tersebut.

Rizieq juga membatalkan aksi pengerahan massa turun ke jalan yang rencananya dimulai dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia Jakarta Pusat. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs