Kamis, 25 April 2024

Kasatlantas Ajak Masyarakat Jadi Agen Keselamatan, Fokus Kampanye ke Pengendara Motor

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
AKBP Adewira Negara Siregar Kasatlantas Polrestabes Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Pengendara roda dua menjadi fokus utama dalam kampanye keselamatan lalu lintas. Karena kondisi di jalan raya saat ini didominasi oleh pengguna kendaraan roda 2 yang mencapai 75%.

“Kampanye ini dilakukan dengan mengajak berbagai komunitas. Harapannya selain bermanfaat bagi diri sendiri, mereka juga turut menjadi agen keselamatan lalu lintas yang menyebarkan ke lingkungannya,” kata AKBP Adewira Negara Siregar Kasatlantas Polrestabes Surabaya pada Radio Suara Surabaya, Kamis (16/11/2017) .

Menurut AKBP Adewira Negara Siregar, upaya menggelorakan ketertiban kendaraan juga harus terus dilakukan, agar kampanye tidak dinilai sebagai retorika saja.

Adewira mengakui, Radio Suara Surabaya selama ini ikut berkampanye secara rutin untuk menyuarakan tertib lalu lintas. Di antaranya dalam program Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya 2017.

“Semua pihak, baik swasta, pemerintah maupun media yang ikut berkampanye harus disambut baik oleh warga. Meskipun ada warga yang menganggapnya hanya retorika saja, tugas kita harus terus menerus menggelorakan keselamatan dan ketertiban lalu lintas,” ujarnya.

Sementara itu, selain kampanye keselamatan lalu lintas, upaya kanalisasi juga masih dilakukan. Tujuannya untuk memisahkan jalan pengguna roda dua dan roda empat dalam mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

“Saat ini kanalisasi hanya bisa dilakukan di jalan Raya Darmo sampai patung karapan sapi (Jl. Basuki Rahmat, red). Karena frekuensi kendaraan yang semakin tinggi, sedangkan anggota kami terbatas jumlahnya,” kata dia.(ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs