Senin, 20 Mei 2024

Kebakaran Padang Savana Gunung Bromo Berhasil Dipadamkan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Tim gabungan TNI, Polri, BNPB, dan Petugas TNBTS dibantu masyarakat melakukan pemadaman manual terhadap padang savana Gunung Bromo yang terbakar, Senin (11/9/2017). Foto: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)

Kebakaran di padang savana Gunung Bromo yang sempat merambat hingga ke tebing penanjakan, Senin (11/9/2017) akhirnya berhasil dipadamkan. Ada 100 orang yang membantu melakukan upaya pemadaman di lokasi.

Pariana Kabid Wilayah I Bromo Tengger Semeru mengatakan, luas area yang terbakar kurang lebih 50 hektare. Diduga penyebabnya karena perapian perapian pengunjung.

Kata Pariana, musim kemarau panjang membuat rumput banyak yang mengering.

“Kami terus berpatroli keamanan Bromo Tengger agar tidak mengakibatkan kebakaran. Kami tidak hanya merawat tapi terus menjaga dari kerusakan,” kata Pariana pada Radio Suara Surabaya, Selasa (12/9/2017).

Selain itu, lanjut dia, pihaknya sudah mengimbau pengunjung karena perilaku pengunjung ada yang positif, ada juga yang negatif. Perilaku positif pengunjung sambil berkemah juga menjaga kelestarian alam.

“Sebenarnya tidak boleh membuat api unggun tapi karena udara yang dingin seringkali mereka membuat api unggun,” ujar dia. (dwi/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
30o
Kurs