Selasa, 30 April 2024

Kebut Kelanjutan Jalan MERR Sampai Juanda, Pemkot Bebaskan 8 Persil

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Alat berat ratakan lahan untuk MERR IIC di Jalan Gunung Anyar Lor Surabaya yang telah dibebaskan. Foto: Denza suarasurabaya.net

Pembangunan jalan middle east ring road (MERR) dari Jalan Ir Soekarno hingga ke akses Tol Waru-Juanda di Jalan H. Anwar Hamzah, Waru, Sidoarjo dilanjutkan.

Erna Purnawati Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya mengatakan, Jalan MERR IIC yang akan dikerjakan sepanjang 1,6 kilometer.

“Hari ini kami konsinyasi pembebasan 8 persil, nilainya Rp2,2 miliar,” ujarnya setelah menyelesaikan pembebasan lahan didampingi petugas Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (1/11/2017).

Persil yang dibebaskan mulai dari Jalan Gunung Anyar Lor serong ke timur melewati beberapa perkampungan hingga ke Jalan Amir Mahmud IX.

Selain perkampungan, beberapa lahan persawahan juga akan dibebaskan untuk digunakan sebagai lahan pembangunan Jalan MERR ini sampai ke Jembatan di Jalan H. Anwar Hamzah, Waru, Sidoarjo.

Tenggat pembebasan lahan ini, menurut Erna, harus sudah selesai dilakukan tahun ini. Sementara, masih ada 26 persil yang saat ini belum dibebaskan.

“Sembilan persil di perkampungan, dan ada 17 lahan persawahan yang belum kami bayarkan karena masih menunggu peta bidang dari BPN,” ujarnya.

Peta bidang ini, kata Erna, seharusnya keluar sebelum 2018. Tapi dia belum bisa memastikan, apakah bisa BPN akan mengeluarkan peta bidang itu dalam waktu dekat.

Pemkot Surabaya menargetkan, pembangunan fisik Jalan MERR lanjutan dari Jalan Ir Soekarno ini bisa dimulai tahun depan. Pemkot Surabaya sudah menyiapkan anggaran.

“Saya intip kemarin di Bappeko itu sudah dianggarkan Rp80 miliar untuk fisiknya,” kata Erna.

Dari 1,6 kilometer Jalan MERR yang belum, Erna menjelaskan, ada sebagian jalan yang nantinya akan dikerjakan oleh pengembang.

Pengembang Perumahan Puri Mas yang akan mengerjakan sebagian pembangunan jalan itu sepanjang 200 meter. “Karena itu merupakan fasum (fasilitas umum) dan fasos (fasilitas sosial) mereka,” ujarnya.

Perlu diketahui, sebagaimana lebar jalan di Ir Soekarno, lebar jalan lanjutan MERR hingga ke akses Tol Waru-Juanda ini akan dibangun dengan lebar 40 meter.

Adapun total panjang Jalan MERR IIC bila kelanjutan jalan ini sudah dikerjakan mencapai 15 kilometer dari Jalan Raya Kenjeran sampai akses Tol Waru-Juanda.(den/ipg)

Teks Foto:
– Pembacaan Aanmaning PN Surabaya atas lahan yang dibebaskan.
Foto: Denza suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
27o
Kurs